31 Mei 2012

KEMUDAHAN TRANSAKSI DENGAN BCA





contoh produk rajutan EXO CROCHET

Sampai dengan tiga bulan lalu, status saya masih karyawan. Tak pernah terpikir sebelumnya untuk keluar dari tempat kerja dan berusaha sendiri. Sulitnya melepaskan diri dari mind set pegawai kantoran menjadi pengusaha membuat enggan melakukannya. Lebih enakan begini, menjadi pegawai biasa dan menerima gaji tetap setiap bulannya.

Hingga satu ketika saya merasa jenuh di tempat kerja. Karier mandeg, ilmu pun mandeg. Apa yang harus saya lakukan untuk rencana masa depan saya? Saya tidak mau jalan ditempat sepert ini. Didorong pemikiran semacam ini saya  memutuskan keluar kerja dan memulai sebuah usaha bersama adik ipar saya. Bermodal awal 200 ribuan, saya mulai menjual barang-barang rajutan, mulai dari bros, topi, sampai dompet. Konsep usaha saya adalah menjual sambil beramal. Sekitar 20% keuntungan yang saya terima akan disisihkan untuk orang-orang tidak mampu. Kedengarannya gila, tapi saya dan adik ipar saya yakin usaha ini adalah jalan bagi kami untuk mencapai kebebasan finansial.

Sebagai pengusaha baru, tentu saya punya kendala. Tapi saya kira itu wajar mengingat saya baru belajar. Kritikan yang pelanggan berikan pada produk kami, menjadi masukan berharga bagi kelangsungannya di kemudian hari. Masalah pembayaran sendiri tidak ada masalah. Semua lancar, setiap kali ada pesanan kami langsung terima uang.          

Tapi pembayaran tunai terasa tidak efektif ketika kami mulai menyasar pasar online. Transaksi harus dilakukan melalui bank. Nah ini dia, masalahnya. Selepas kuliah saya tak pernah terpikir untuk memiliki rekening lagi. Pertimbangan utamanya karena tidak sering melakukan transaksi yang melibatkan bank sebagai media. Tempat kerja saya yang lama selalu membayar tunai gaji karyawannya. Sementara itu  bila honor menulis saya cair saya bisa nebeng adik saya. Jadi buat apa punya rekening, pikir saya.

Bahkan di awal jualan online (via facebook tepatnya) saya tetap nunut rekening adik untuk transaksi pembayaran. Tapi ternyata ini menyulitkan. Pertama saya tak bisa mengecek secara langsung uangnya telah dikirim atau belum. Kedua, saya selalu menyusahkan adik saya untuk mengecek transfer uang dari customer. Ketiga, adanya keluhan biaya transfernya karena kebanyakan sustomer pengguna ATM BCA. Wah, berarti belum ada kemudahan transaksi pikir saya. Padahal kemudahan transaksi merupakan salah satu kunci kesuksesan usaha online. Lalu apakah saya harus menggunakan BCA juga? Tunggu dulu, saya harus mencari tahu dulu tentang BCA.

Melalui website http://www.bca.co.id saya mencari tahu produk perbankan apa saja yang BCA tawarkan. Di situs ini saya melihat ada banyak fitur menarik yang diluncurkan, semata unuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi nasabahnya. Berbagai layanan perbankan juga diperhatikan, sebagai bentuk concern BCA agar transaksi bisa dilakukan secara aman, cepat, dan mudah. Contohnya adalah Mobile Banking dan Internet Banking. Dengan pertimbangan semacam ini saya kemudian mendaftar jadi nasabahnya.  Tak saya duga di hari itu juga saya langsung bisa menggunakan ATM-nya. Voila! Sebelumnya saya pikir harus menunggu dua hari untuk mengaktifkannya.

Kini BCA adalah mitra saya dalam berusaha. Ia memberikan kemudahan bagi saya dan customer saya dalam bertransaksi. Kesulitan yang pernah saya alami kini tidak saya temui. Jika seorang customer berkata telah transfer uang, saya tinggal mendatangi ATM untuk mengeceknya. Sampai saat ini memang hanya layanan ATM-lah yang saya gunakan tapi seiring pasti akan banyak layanan lain saya gunakan sebagai penunjang dalam usaha. Saat usaha saya berkembang dan transaksi jauh lebih besar tak mungkin setiap hari saya datang mengecek transfer uang via ATM. Pasti menggunakan Mobile Banking atau Internet Banking. Bahkan tidak menutup kemungkinan dimasa depan akan banyak lagi produknya yang saya gunakan,  mengingat banyaknya rencana dalam kehidupan. Mulai dari hunian yang nyaman,  rencana pendidikan bagi anak-anak, perlindungan kesehatan bagi keluarga dan lain sebagainya.

Jadi mengapa tidak BCA? Dengan 55 tahun pengalamannya, ia bisa menjadi solusi perbankan tepat bagi andA.




Artikel ini diikutkan dalam lomba blog yang diadakan oleh BCA dengan tema "Kemudahan Transaksi".
Info selengkapnya bisa didapatkan disini

3 komentar:

  1. Siiiipp... pas bener dgn usaha rajutannya. Oya, komen jg ya di tulisanku, hehe... http://www.leylahana.blogspot.com/2012/05/curahan-hati-aku-tak-mau-bangkrut-gara.html

    BalasHapus
  2. Lagi ramai kontes SEO ya. Semoga peringkat di Google Search naik terus ya
    Hosting Indonesia

    BalasHapus