07 Oktober 2014

LIMA TIPS MENGATASI EFEK CINTA DITOLAK HATI SOMPLAK





Cinta ditolak itu sakitnya disini hihi *nunjuk dada 



Lagi suka sama seseorang? Sebaliknya anda berpikir diapun demikian? Terbukti dari sms dan telepon bernada mesra yang kerap ia suarkan? Atau perhatian-perhatian kecil yang bikin anda melayang. Ternyata  jeng....jeng...saat anda menyatakan ternyata si dia hanya menganggap anda teman?
Rasanya memang menyakitkan. Bahkan jika anda punya persiapan matang seandainya hal macam ini terjadi dalam hidup anda. Sedikit atau banyak efek cinta ditolak hati somplak tetap kita rasakan. Lalu bagaimana cara mengatasinya haru biru kondisi semacam ini? Berikut ini  lima tips mengatasi efek cinta ditolak hati somplak :

1.      Stop nyalahin diri sendiri
Mungkin anda akan berpikir dia nolak pasti karena kamu punya banyak kekurangan. Karena anda nggak cantik/ganteng, nggak pinter, nggak keren, kurang usaha....dan karena-karena lainnya. Ada satu quote buat anda “Ketika seseorang jatuh cinta dia akan mencari seribu alasan untuk tinggal bahkan jika kamu bukan siapa-siapa,  tapi sebaliknya jika ia tidak cinta ia juga akan mencari seribu alasan untuk pergi bahkan jika kamu memberinya dunia”.
Jadi mengapa menahan seseorang yang tidak mencintai anda?
Mari berpikir kebalikan : kenapa Allah tak menjodohkan dengan saya? Bisa jadi itu karena saya tidak pantas untuknya. Tidak pantas karena apa? Karena saya punya kwalitas yang hanya pantas disandingkan dengan orang yang tepat. Dan DIA BUKAN ORANG YANG TEPAT!
Suatu hari akan ada seseorang yang baik buat anda. Kapan? Nggak ada yang tahu. Soalnya jodoh, rizki, dan mati itu rahasia. Ntar kalau saya dan anda tahu, jadi ngegampangin segala hal. Nggak mau lagi berdoa dan mendekatkan diri sama Allah.

2.      Buang energi dengan kegiatan positif
Bisa apa aja. Mau nulis, basket, nyulam, senam, lari...apa aja. Karena ketemu dengan banyak teman bisa bantu kamu untuk beranjak dari kubangan kesedihan. Pokoknya jangan ngendon aja di kamar. Itu hanya akan menambah kesedihan. Bukannya lupa kita malah semakin fokus mengingat dirinya.
Fin, saya tetep sedih tuh meski ada kegiatan.
Sedih? Baiklah, saranku menangislah. Kenapa? Karena justru menangis bikin anda jadi lega. Bahkan jika anda pria. Kenapa? Sebab pelepasan hormon endorfin membantu anda mengurangi stress dan membuat anda jadi lebih rileks. Lagipula menurut penelitian mengekspresikan rasa sakit dengan menangis itu justru menyehatkan jantung. So jangan takut untuk nangis.
Tapi Fin, saya kan pria? Ntar dibilang nggak jantan kalau mewek.
Lho ya diam-diam dong nangisnya. Kalau lagi sendiri hihi. Ntar kalau rasa sakitnya dibiarkan ngendon sampai karatan malah buruk bagi mental dan kesehatan kita.
Ogah nangis ah, Fin. Malu-maluin!
Kalau gitu olahraga, seenggaknya stretching. Selain sehat, olah tubuh juga bisa bikin stress berkurang. Efeknya kita juga jadi rileks dan bisa berpikir lebih positif.
Jangan lupa berdoa. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa berdoa memberikan banyak manfaat untuk kita seperti mengurangi stress, depresi, serangan emosional, dan menjauhkan berbagai serangan penyakit yang efeknya membuat anda bisa hidup lebih lama. See, bagus sekali kan manfaat berdoa itu?

3.      Dengarkan Lagu Ceria
Lagu patah hati yang diputar berulang-ulang justru memberi pesan kepada alam bawah sadar kalau kamu harus  terus bersedih-sedih. Tanpa kita sadari semakin kita dengar semakin kesedihan mencapai derajat tertinggi. Efeknya kita merasa dunia tak lagi bersahabat, ujung-ujungnya bikin kita ingin mengakhiri hidup.
Nurut pengalaman saya dulu, semakin saya dengar lagu sedih saya justru tambah mewek. Saya nggak bisa-bisa move on karena selulu terkungkung dan terngiang syair lagu yang memilukan itu, yang pas banget ngewakilin isi hati.
Jadi saat hati luka mari lakukan kebalikan. SAAT SEDIH DENGARKAN LAGU RIANG YANG SYAIRNYA MEMBERI SEMANGAT HIDUP.

4.      Stop Stalking Him
Mungkin ini akan memuaskan perasaan dalam sekejap. Selanjutnya tidak. Semakin anda stalking dia dan mengetahui dia bahagia dengan orang lain anda akan semakin terluka.  Apalagi kalau kamu ingat betapa anda telah berkorban jiwa dan raga sama dia (buset kayak pejuang 45 aja eh).  Bahkan harta!
Guys, itu memang menyakitkan. Tetapi sesungguhnya itu juga keberuntungan. Anda  ditunjukkan keburukannya sekarang. Bukannya nanti saat anda sudah menikah dan berakhir menjadi sebuah drama berjudul MERETUR SUAMI/ISTRI. Lha kalau produsennya (baca : ortu) nerima retur, kalau enggak? Apes deh.
Menurut beberapa teman yang sudah mengalami drama semacam itu, sakitnya berlipat ganda. Jadi kalau dipikir-pikir kehilangan dia sekarang, justru menyelamatkan anda dari kehilangan yang jauh lebih besar.

5.      Stay Away From Him/Her
Memang meski harus diakui apa yang sudah pernah memerah muda itu tak mudah untuk putih kembali. Walau begitu anda harus sadar bahwa ia tak mungkin anda harapkan lagi. Jauhilah dia dengan dengan cara apapun juga. Bukan karena anda membencinya. Tetapi sadarilah bahwa ada yang bagian dari hati yang harus direparasi. Kalau tidak selamanya tidak akan bisa tenang dan diliputi kemarahan atau malah terobsesi untuk memilikinya dengan cara tidak benar. Which is pakai dukun misalnya. Wah duh stop deh, jangan pakai yang begituan. Tak ada jaminan jampi-jampi sang dukun akan mengekalkan hubungan anda dengannya. 

Bagaimana jika skenarionya seperti ini : Akibat jampi-jampi orang pinter --> si dia berhalusinasi  --> Lihat anda kayak dewa/dewi kayangan --> jatuh cintaà ngawinin anda --> punya anak tiga --> doi kejeduk tembok --> kesadarannya balik, halusinasi hilang --> doi kecewa karena yang dikawinin ternyata (hanya) anda --> ditinggalin dalam keadaan punya anak tiga --> anda jadi gila -->kesana-kemari nyari  bapaknya/ibunya anak-anak sambil nyanyi lagu alamat palsu

Tentu saja sulit melakukan pada awalnya, tapi tetaplah berusaha melawan dorongan untuk menghubunginya. It’s useless. It won’t change anything.  Tak perlu menyesali diri, kenapa anda bisa dikadali. Setidaknya peristiwa macam ini memberi kita pelajaran bagus, agar kita berhati-hati membaca sikap lawan jenis. Gunakan intuisi, sebab intuisi bisa menyelamatkan anda dari kemungkinan terjebak pria dan wanita yang hanya tebar pesona, tanpa minat serius untuk menjalin hubungan dengan anda. 

Well, oke...itu tadi Lima Tips Mengatasi Efek Cinta Ditolak Hati Somplak. Semoga ini bisa membantu kalian semua untuk menyembuhkan hati yang luka (aduh bahasanya) dan segera setelahnya kita ambil TOA dan nyanyi theme song Frozen :
Let it go, let it go!
Can’t hold it back any more.
Let it go, let it go!



Hug, hug.

11 komentar:

  1. Cinta ditolak dukun bertindak #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh, hayooo pernah ya

      Hapus
  2. ini buat lomba mbak?
    ehhe ketok pintu dulu..kunjungan pertama
    biasanya sih mengalihkannya dengan mencari buruan eh lelaki lain xixiix
    ini avizena zen..pake akunku satunya..yg blog khusus masak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah bukan buat lomba kok mbak, sekdar sharing.
      Wakakak itu juga tuh mencari buruan laen.
      makasih lo udah kemari

      Hapus
  3. baguus artikelnya, mbaak..
    sangat menguatkan :)
    terima kasih, yaa

    BalasHapus
  4. di tolak cari yang lain ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakaka, itu bener banget dah ah mbak Lidya

      Hapus
  5. Hahaha kalo patah hati itu satu obatnya Mba, lari ke kerjaan aja hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaa pengalaman pribadi ini Mas Faris, hahah....
      asal nggak lari ke jalanan aja *lho

      Hapus
  6. waah terimakasih nih tipsnya ..haha

    BalasHapus