29 Januari 2016

GADGET YANG MEMAHAMI KEBUTUHAN ANAK DAN ORANG TUA, ACER LIQUID Z320 JAWABNYA!


               Tak dipungkiri penggunaan internet meningkat pesat akhir-akhir ini. Maret 2015 Liputan 6 melansir bahwa  menurut APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia) di tahun 2014 pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta. Termasuk di dalamnya remaja dan anak-anak.
            Unicef Indonesia bahkan melaporkan bahwa sebagian besar anak-anak dan remaja rutin menggunakan internet untuk menggali informasi, terhubung dengan teman (lama atau baru), sekaligus menjadikannya sarana hiburan yang menyenangkan. Perangkat canggih seperti smartphone rupanya memegang peranan penting dalam rutinitas tersebut.
            Belakangan tak hanya anak-anak atau remaja, balita pun sudah mulai mengakrabi smartphone. Seperti yang terjadi pada Kenzo, keponakan saya. Meski belum paham benar apa fungsi sebenarnya, tetapi sepertinya bocah tiga tahun itu mulai memahami salah satu fungsinya yaitu untuk berkomunikasi. Terbukti ketika ada telepon masuk ia akan mengangkat sendiri dan “say hello” atau memberikan kepada orang tuanya jika sedang enggan. Yang agak mengejutkan ia mampu membuka smartphone dalam keadaan terkunci ketika usianya belum genap dua tahun. 

            Belajar dari pengalaman tersebut, Wendy dan Rena selaku orang tua, mulai berhati-hati meletakkan smartphone mereka. Jika sudah mampu membuka gadget yang terkunci, bukan tidak mungkin ia mampu membuka salah satu aplikasi yang tersedia dalamnya, semisal you tube, pada kesempatan berikut. Kalau sampai terpapar konten berbau kekerasan atau pornografi karena tidak sengaja memencet  aplikasi tersebut bisa gawat! Menurut banyak pakar perkembangan otak anak jadi terhambat.

            Pertanyaannya ,”Darimana keahlian semacam ini didapatkan?”
            Jawabannya sederhana. Anak belajar dan memperhatikan orang tua atau orang dewasa di sekitarnya. Begitu seringnya anak melihat kita beraktifitas dengan gadget, secara otomotis pengetahuan tersebut diserap dan ditirunya. Bukankah daya serap otak anak seusia itu bak spons? Cepat sekali menyerap apapun yang terjadi dilingkungan sekitarnya? Hal inilah yang terjadi di depan kita.
            Maka tak heran, di masa kini memilih gadget tepat menjadi pe-er tersendiri bagi orang tua. Smartphone tak hanya keren, tetapi juga fungsional, terjangkau kantong dan tentu saja harus aman untuk anak.  
            Memahami kondisi tersebut Acer meluncurkan ponsel Android Acer Liquid Z320 dengan spek dan fitur yang sesuai kebutuhan keluarga (ayah, bunda, beserta putra-putrinya) seperti berikut ini.


Desain luar kokoh dan nyaman

 
            Memikirkan kemungkingkan ponsel jatuh saat Ayah Bunda beraktifitas bersama putra-putri kecil mereka, Acer merancang back cover smartphone dengan tekstur bergaris-garis (hairline brush). Selain menimbulkan kesan kokoh, desain tersebut membuat ponsel nyaman digenggam dan tidak gampang meluncur dari tangan. Berdimensi 136 x 66.5 x 9.6mm dan berat 142 gr menjadikan ponsel ini mudah untuk dikantungi. Sehingga memudahkan Ayah Bunda membawanya kemana-mana. Tinggal selipkan saja di saku ketika harus mengejar gesitnya putra-putri mereka.

Layar nyaman untuk mata

             Tak melulu untuk komunikasi, mencari informasi, mengerjakan tugas kantor saat mobile, atau hiburan—smartphone juga bisa digunakan oleh orang tua untuk melatih motorik anak dengan cara menggeser-geser layar sentuhnya. Dibekali layar jenis IPS seluas 4.5 inci dengan resolusi 854 x 480, layar jernih dan jelas dipandang. Bahkan sewaktu melakoni aktifitas tersebut di luar ruangan, di bawah terik sinar matahari. Agar mata pengguna tidak mudah lelah, terutama mata anak, Acer juga memasang teknologi BluelightShield yang fungsinya mengurangi emisi cahaya biru dari layar.

Performa oke punya


            Meski berharga murah, isi smartphone ber-dual sim ini  tidak sembarangan. Menggunakan prosesor Qualcomm MSM8209 Snapdragon 210  berinti empat (Quad-core) dengan kecepatan 1,1 GHZ, RAM 1GB, serta dukungan sistem operasi Android Lollipop 5.1—memudahkan penggunanya untuk membuka beragam aplikasi dalam waktu bersamaan. Lancar, tidak lamban, sekaligus responsif kala menggunakan Smartphone Acer ini.
            Untuk menyimpan file dan aplikasi Acer Liquid Z320 menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 8GB, yang bisa ditambah dengan micro SD hingga 32GB. Dengan begini orang tua bisa tenang menyimpan beragam file atau aplikasi yang mendukung kebutuhannya bekerja, menjalankan hobinya, atau yang berkaitan dengan proses belajar anak. Untuk berselancar di dunia maya, Liquid Z320 menyediakan akses jaringan  3G HSDPA dengan kecepatan mencapai 42MBps.

Kamera Canggih 
             Untuk mengakomodasi Ayah Bunda yang gemar mengabadikan momen kebersamaan dengan putra-putri tercinta, smartphone Acer ini dilengkapi dengan kamera belakang 5MP dan kamera depan 2MP. Tak perlu khawatir hasil jepretan menjadi blur karena anak tak bisa diam saat tangan menekan tombol shutter. Cukup aktifkan saja voice control, maka klik! Momen Ayah Bunda beserta ananda akan terabadikan.  


            Tak hanya itu, bagi Bunda yang suka memasak dan senang membagikan resepnya di sosial media atau blog, Liquid Z320 menyediakan fitur gourmet. Cukup klik gourmet mode pada ponsel Android besutan Acer ini, kamera belakang akan menganalisa dan menyesuaikan temperatur warna. Begitu  makanan selesai diabadikan, siapa saja yang melihat hasil jepretan anda akan meneteskan liurnya!

Audio Mumpuni



            Untuk menikmati beragam konten multimedia—game, streaming video, mendengarkan musik—Acer Liquid Z320 menghadirkan audio berkualitas lewat teknologi DTS (Digital Theater Systems). Hal ini tentu menguntungkan bagi Ayah bunda yang concern memanfaatkan smartphone sebagai media pengajaran bagi anak—baik lewat game, video, atau lagu. Sebab teknologi ini  menjamin kualitas output audio yang jernih dan nyaman di telinga anak. Dengan begitu anak mudah menangkap beragam kalimat yang terdengar via lagu, game atau video. Tak ayal kosa kata baru pun bertambah dan berujung pada peningkatan perbendaharaan kata anak.
            Bagi pengguna remaja dan dewasa yang gemar menikmati musik, mendengarkan via speaker atau earphone hasilnya akan sama saja, kualitas audionya  tak diragukan lagi. Setingkat  konser musik! Untuk anda yang takut mengalami efek samping pemakaian earphone tentu ini berita menggembirakan. Tak perlu lagi risau pendengaran jadi berkurang, kawan. Dengan teknologi DTS, anda tinggal meletakkan ponsel di meja, lalu lagu-lagu favorit pun terdengar begitu baik di telinga.

Aman bagi Anak


            Dari semua keunggulan yang sudah dibahas, fitur  Kids Center yang aman dan ramah bagi anak-lah yang membuat Acer Liquid Z320 patut diacungi jempol. Saat ponsel lain mengabaikan pengguna anak-anak dan lebih tertarik mengembangkan fitur-fitur canggih yang menarik pengguna dewasa, Acer justru meluncurkan ponsel dengan fitur yang mampu mengakomodasi anak agar tetap aman saat menggunakan smartphone.  Bagusnya lagi fitur ini bahkan sudah pre-install.  Jadi anda tidak perlu repot-repot download dan meng-install-nya terlebih dulu jika ingin menggunakan.
            Saat membuka fitur ini penggunanya akan disuguhi tampilan yang tampilan  eye catching dengan ikon warna-warni. Sangat berbeda dengan Android pada umumnya.  Fitur ini sendiri memiliki keunggulan antara lain :
a.    Orang tua dapat membatasi aplikasi yang digunakan oleh anak.
Hanya aplikasi yang sudah disetujui saja yang bisa diakses anak.
b.    Media pembelajaran yang mengasyikkan.
Di dalam fitur Kids Center terdapat banyak konten bermanfaat bagi anak-anak. Banyak sekali aplikasi edukasi yang bisa digunakan anak untuk belajar dan mengasah kreatifitas dalam waktu bersamaan. Aplikasi permainan dan video yang dapat dinikmati selepas jam sekolah juga tersedia. Bahkan, jumlah channel video yang positif  juga terus bertambah setiap hari. Dengan banyaknya pilihan variatif, anak jadi betah dan tidak mudah bosan kala menikmatinya. Tak perlu takut mereka akan kesasar menonton video dewasa lewat aplikasi ini. Sebab tampilannya pemutar videonya sengaja dibuat berbeda dari channel YouTube.
Agar anak bisa menikmati konten terbaru juga mudah karena tersedia pemutakhiran konten ( update content) dalam fitur Kids Center.
c.    Terdapat parental control yang tersemat dalam Kids Center
 
Dengan parental control orang tua bisa memantau aktivitas internet anak, sekaligus mengatur keamanan penggunaan smartphone untuk mencegah anak dari men-download konten dewasa atau membeli aplikasi baru tanpa seizinnya. Bila dirasa keamanan dan kenyamanan masih kurang, aktifkan saja Extra Safe Zone sehingga anak tetap berada di lingkungan yang aman (Kids Centre) meskipun ponsel dinyalakan ulang. 
 d.    Mudah digunakan



Meski memiliki banyak fitur, Kids Center ternyata mudah dioperasikan anak  dibawah usia 12 tahun. Acer sengaja merancangnya sedemikian rupa agar anak merasa aman dan nyaman begitu  mulai berkenalan dengan teknologi canggih ini. Tak hanya itu, pengaturan untuk orang tua pun mudah untuk dipahami. Tinggal membuat akun saja sebelum melakukan berbagai pengaturan, termasuk didalamnya konten apa saja yang bisa diakses anak.


            Kini Ayah Bunda tak perlu khawatir lagi saat anak mulai  tertarik memegang smartphone. Fitur Kids Center membantu Ayah Bunda mengajak anak menggunakan  smartphone secara bijak, yang kedepannya justru memberikan manfaat positif  bagi tumbuh kembang anak.
            Tetapi jangan lupa, meski sudah ada Kids Center Ayah Bunda tetap harus mendampingi anak tatkala ia bermain dengan gadget-nya. Kenapa harus begitu? Sebab belajar lewat perangkat canggih seperti gadget ini hanya satu arah, kurang optimal  dalam masa tumbuh kembang anak. Dibutuhkan komunikasi dua arah agar anak bisa tumbuh optimal dan maksimal
            Jadi selagi anak bermain dan belajar di lingkungan Kids Center yang aman, Ayah Bunda juga turut duduk di sebelahnya. Semisal saat bermain Coloring Pages yang mengajak anak mewarnai beragam gambar lucu yang tersedia dalam aplikasi yang edukatif ini. Senyampang anak bermain, Ayah Bunda juga bisa menjelaskan hal-hal yang terkait dengannya. Benda apa saja yang memiliki warna sama dengan si gambar dan sebagainya. Sebaliknya jika ada yang kurang dimengerti anak bisa bertanya kembali pada orang tuanya. Dengan cara seperti ini, ikatan antara orang tua dan anak pun semakin erat,  dan tak lagi berjarak.


            Ibarat kata pepatah “sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui”. Maksud hati memberikan media pembelajaran mengasyikkan, efeknya justru hubungan  orang tua dan anak semakin semakin hangat. Ujung-ujungnya pola komunikasi dua arah itu mendorong anak untuk  berkembang lebih baik.

              Kesimpulannya smartphone yang dihargai Rp 999.000,00 ini adalah jenis smartphone yang harus dimiliki orang Indonesia. Ia sanggup menjawab keresahan orang tua akan jenis gadget yang cocok digunakan dua generasi dalam satu keluarga.  Selain murah, gaya, Acer Liquid Z320 juga  fungsional dan ramah pada anak.
            Bagaimana? Anda tertarik membeli telepon pintar yang bikin “anak senang, orang tua tenang!” ini? Langsung saja meluncur ke website Acer Indonesia






Sumber :

1 komentar: