02 Juli 2016

HINDARI MAKANAN DAN MINUMAN INI AGAR FIT SAAT ARUS BALIK



            Seperti halnya waktu mudik, arus balik juga membutuhkan stamina yang kuat. Oleh karena itu membawa bekal sangat dianjurkan. Selain mengganjal perut lapar, tujuan utamanya adalah mengganti energi yang hilang selama perjalanan. Akan tetapi, bekal yang dibawapun harus diperhatikan. Selain memenuhi kecukupan gizi, juga membuat tubuh fit selama di jalan. Agar badan tidak mudah lelah, ada delapan jenis makanan dan minuman yang harus dihindari.



Minuman Bersoda
Jenis minuman berkarbonasi ini merupakan jenis minuman yang mengandung asam. Bila diminum saat perut kosong akan mengiritasi lambung. Akibatnya  asam lambung meningkat dan bisa menimbulkan kembung.


Makanan Asin
Makanan asin biasanya memicu dehidrasi. Kadungan garamnya akan menarik cairan dalam sel-sel tubuh. Efeknya tubuh kekurangan cairan dan membuat kita jadi mudah haus selama di perjalanan.



Makanan Berefek Diuretik
Hindari makanan yang mengandung efek diuretik, contohnya melon, wortel, dan tomat. Makanan jenis ini merangsang ginjal untuk mengekskresikan urine lebih banyak. Efeknya tubuh lebih cepat kekurangan cairan.


Makanan Manis
Menikmati makanan manis memang cepat menaikkan gula darah dengan cepat. Sayangnya, hanya berlaku sementara. Selanjutnya tubuh akan merasa kelaparan. Akibatnya tubuh akan lemas dan mudah  mengantuk.


Gorengan
Makan gorengan memang nikmat. Namun, kandungan lemak didalamnya memperlambat metabolisme tubuh. Tak hanya itu, gorengan juga mendorong timbulnya rasa haus berlebih.


Makanan Pedas
Menikmati makanan pedas memang menimbulkan nafsu makan. Akan tetapi, jika berlebihan bisa memicu  timbulnya gangguan pencernaan seperti mual, diare, bahkan maag.


Minuman Penambah Stamina
Biasanya minuman jenis lebih baik bila dihindari saja. Karena menimbulkan banyak gas yang membuat lambung jadi tidak nyaman.


Minuman Beralkohol
Menuman jenis ini sebaiknya dihindari karena mengganggu lambung dan kerongkongan. Selain itu alkohol juga menimbulkan kantuk.  Efeknya Anda akan kehilangan fokus selama di perjalanan. Ini bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan, terlebih bagi Anda yang mengendarai kendaraan pribadi.


source images :  https://pixabay.com/

4 komentar:

  1. Wah semangka ternyata gak boleh ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya dihindari Mbak Anggi, terlebih bila masih dalam perjalanan.

      Hapus
  2. Semangka bisa nurunin tekanan darah juga kan ya. Teh sama kopi juga berefek diuretik alias pingin bak terus? =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, Mbak dian. Semangka juga bisa nurunin tekanan darah. Hahah, bener banget minum teh dan kopi juga bersifat diuretik

      Hapus