MENEMPATKAN MASALAH PADA TEMPATNYA





Sebagai orang yang tidak berlangganan internet di rumah, saya memang acap menggunakan internet di luar. Entah wifi-an di RTH Maron atau justru di warnet. Wifi-an di RTH Maron memang sudah saya tinggalkan sejak sinyalnya mulai susah ditangkap sekitar setahunan silam. Sebagai gantinya saya lebih sering ke warnet saja.
Ditempat itulah sebuah awkward moment terjadi. Satu kali saat hendak membayar jasa warnet, pemiliknya bertanya ,”Hamil to?”
Saya tercenung sekian detik. Lalu dengan sigap tersenyum dan menjawab ringan ,”Ndak, Mas. Cuma gendut saja.”
Seperti yang saya duga wajah pemilik warnet itu langsung berubah warna. Seperti halnya saya kalau saya salah melontarkan pertanyaan atau salah menyapa orang. Ingah-ingih-lah bahasa Jawa-nya. Tetapi, saya pura-pura tidak melihatnya. Saya tetap berlaku santai, seolah tidak ada apa-apa.

Lain hari, saat melihat-lihat pameran di Banyuwangi salah seorang penjaganya yang ramah bertanya ,”Hamil berapa bulan, Mbak?”
Dziingh! Saya bingung mau jawab apa. Saya sudah bisa membayangkan apa yang akan terjadi kalau saya jawab sebenarnya. Tapi, kalau tidak saya jawab kok ya ndak sopan. Bagaimanapun juga Mbak itu hanya mencoba berlaku ramah kepada saya, tidak lebih. Niatan mengolok saya kira juga tak ada, wong dia tidak kenal saya.
Maka sambil menahan tawa saya menjawab sedatar dan seenteng mungkin, berharap tidak membuat si Mbak malu, dengan kalimat ,”Eng...ini sih bertahun-tahun nggak lahiran.”
Begitu dengar jawaban saya mak bles, si Mbak langsung minta maaf. Jelas banget kalau dia merasa tak enak dengan saya. “Maaf, Mbak. Saya ndak ngerti,” ucapnya sambil piye gitu (hahahaha).
“Nggak pa-pa, Mbak. Santai aja,” jawab saya.
Lalu disambungnya dengan kata-kata ,”Kalau saya ini mana bisa lemu  (baca : gemuk). Saya ini mikiran orangnya. Apa-apa dipikir. Makanya makan banyak pun hasilnya ya segini aja.”
“Wah, kalau begitu saya kebalikannya, Mbak. Saya itu tergolong cuek beibeh. Wis orang mau ngomong apa ya saya cuek. Kesel sih, tapi jarang tak simpan. Bikin sempit perasaan,” balas saya sambil bercanda.

Nah, yang paling epic yang beberapa waktu lalu (lupa kapan tepatnya), pokoknya waktu itu saya lagi belanja di Alfa****. Waktu bayar di kasir, begitu melihat perut saya si Mbak langsung nanya  ramah ,”Berapa bulan Mbak?”
Lah teringat pengalaman yang sudah-sudah saya bak makan buah simalakama. Kalau saya terus-terang si Mbak bakal malu semalu-malunya. Kalau saya bohong, enaknya ngaku hamil berapa bulan. Kan saya nggak tahu perut seperti saya itu cocoknya disandingkan dengan Emak-Emak yang hamil berapa bulan. Maklum, saya ini kang masih single fighter (elah single fighter euy, dikata petarung kali). Wajar dong saya nggak ngerti soal gitu-gitu.
Tapi, demi kemaslahatan bersama (hyahahahaha sok banget gue), saya jawab ,”Tujuh, Mbak.”
Padahal mbuh tujuh apa.
Lhadalah lha kok si Mbak masih ngejar juga. Katanya ,”Kecil ya, nggak kelihatan lho kalau tujuh.”
Ngg...krik, krik.
Heninglah saya, mikir gimana bagusnya. Dan karena tidak tahu harus jawab apalagi tentu saja keluar jurus andalan, senyum ceriaaaah!

Pertanyaannya sekarang : "Kok bisa sih saya tetap tenang ditanya hal tabu buat single gitu? Kenapa nggak ngembang kacang alias mbesengut (red. besengut itu nama kembang kacang dalam bahasa Jawa) alias ngamuk? Sabar amat yak?"

Nah, Anda keliru. Saya tidak sesabar itu. Kalaupun saya bisa sesantai dan setenang itu karena saya sudah berulang kali mengalami sebelumnya. Dulu saya sempat marah ditanya begitu, lama-lama saya memahami kalau kebanyakan yang tanya adalah orang yang tidak saya kenal, yang umumnya sekedar mencoba beramah-tamah saja. Karena itu saya berpikir untuk tidak memasukkan dalam hati. 

Kenapa kok tidak dimasukkan ke hati? 

Lha justru energi yang kita keluarkan demi memasukkan ke hati itu sangat besar. Waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk mikir hal-hal bagus, malah tersita untuk ngomel dan mikir hal-hal negatif. Belum lagi saat marah naik, dada itu detaknya lebih cepat. Kalau dibiarkan situasi ini justru memberikan efek buruk bagi kesehatan. Orang yang kerap marah beresiko mengalami stroke, darah tinggi dan masalah kardiovaskuler lain, meningkatkan resiko nyeri punggung, kaku otot, sakit leher, plus mengurangi fungsi paru. 

Duh, kalau itu terjadi repot juga saya. Bukan hanya soal biaya, tapi saya juga akan merepotkan keluarga. Karena itu kita harus pandai-pandai mengelola emosi. Masalah yang kecil, ya tempatkan di wadah kecil. Tidak perlu dimasukkan dalam wadah besar. Kalau perlu diusir ya usir saja agar tak memenuhi wadah (baca : pikiran). Lagian nggak enak banget deh terus-terusan hidup memendam amarah. Sudah muka saya ini pas-pasan, saban hari kesal, ha terus jadi apaan? Iih, bisa-bisa kecoa saja lari lihat muka saya. 

So moral cerita ini adalah menempatkan masalah pada tempatnya. Tidak perlu repot memperbesar yang kecil. Kalau bisa perkecil yang besar agar ringan hati kita. Memang sulit sekali mengawalinya, terlebih bagi penggerutu sekaligus manusia yang mirip petasan banting seperti saya. Tetapi, tidak ada yang tidak mungkin kok. Ketika hal semacam itu jadi kebiasaan, pada akhirnya cara kita menghadapi masalah pun jadi berbeda. Lebih smooth, tidak lagi terburu amarah.

Hug, hug.

 image source : http://pixabay.com/

Komentar

  1. aku juga dulu sering dapat pertanyaan gitu pas badan lagi gemuk. alhamdulillah sih masih bisa dibawa santai aja

    BalasHapus
  2. Semangatttttt mba. Kan nanti juga jdi calon ibu. Diaminin aja 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha iya Bunda Erysha, memang lebih baik diaminin aja. Hihi

      Hapus
  3. jadi berasa diingetin harus selektif terhadap pertanyaan basa basi ya mbk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, itu juga yang aku pikirin gara-gara itu. Pelajaran buat diri sendiri mikir dulu untuk pertanyaan macam itu

      Hapus
  4. saya jg pernah mba ditanyain by temen2 kyk gitu,eh tp ternyata emg beneran lg hamil, sayanya yg blom nyadar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, bersyukur banget ya mbak pas nyadar. Pasti gembira ria gitu, heheh

      Hapus
  5. Hi..hi..hi. Malah bisa jadi penyemangat untuk diet mungkin mba.. Tapi klo enjoy, ya gpp sih..

    BalasHapus
  6. Saluut mbaaak afiii sabar banget ngadepinnya. . Saya juga uda terbiasaa mbak dikatain gendut. Soalnya udah sejak 17 taun lalu dibilang gendut jd ya udah terbiasa hehehe. . Mungkin mereka cuma mencoba ingin akrab saja ya. Positif thinking aja. . Hehehe

    BalasHapus
  7. Aaaakk.. aku banget nih mbak yg suka mutung kalo dibilang gendutan. Huhuuu. Padahal bener juga ya. Nggak semua hal kudu dimasukin hati. Bahayaaaa .. ntar hati kita sempit diisi sama hal-hal gak penting kaan :))

    BalasHapus
  8. Saya kadang juga suka ditanya begitu. Palig mangkel sedikit aja. Tapi gak mau lah sampai meributkan. Dibawa santai aja

    BalasHapus
  9. kalo kata ibu saya sih,minim masalah gede rejeki mak :D
    bukan berarti kita ga punya masalah sama sekali (ga mungkin juga sih ya mak orang idup ga punya masalah ,hehe) tapi kaya kata mak tadi nih harus mau menempatkan masalah pada tempatnya ,bukan dibawa ngerembet kemana-mana :D

    BalasHapus

Posting Komentar