VivoBook Ultra A412DA : The World’s Smallest 14 Inch Colorful Notebook Yang Mendukung Produktivitas Harian Kita

Tidak hanya pekerja kantoran yang mobilitas tinggi, bagi penulis dan blogger laptop adalah must have item.
Mengapa harus laptop dan bukannya PC?
Berdasarkan pengalaman pribadi, PC (Personal Computer) membutuhkan tempat dan daya yang lebih besar. Selain itu tak bisa dibawa-bawa ke mana-mana. Berbeda dengan laptop. Bentuknya yang portabel memungkinkannya dibawa dan ditempatkan di mana saja. Sewaktu ada pemadaman listrik kita bisa tetap tenang bekerja, sekurang-kurangnya dua jam hingga baterai menunjukkan tanda habis dayanya.

Dengan PC beda lagi ceritanya. Begitu  listrik mati kita tidak bisa berbuat apa-apa. Harus menunggu hingga listrik menyala kembali untuk menuntaskan pekerjaan yang tertunda. Yang lebih mengesalkan adalah kehilangan data yang belum sempat tersimpan. Saking kesal rasanya ingin sekali menggigit tembok di saat seperti ini.

Kekurangan lainnya adalah tidak bisa sembarangan menghidupkan PC terutama di jam-jam sibuk. Menghidupkan PC di jam-jam seperti ini berpotensi memadamkan listrik. Terlebih jika daya listrik di rumah hanya 450VA seperti di rumah saya beberapa tahun lalu. Kenapa demikian? Sederhana, dengan hidupnya PC, daya listrik yang digunakan melejit lebih dari seharusnya. Itulah yang memicu padamnya listrik di rumah secara tiba-tiba. Satu-satunya jalan adalah menulis lewat tengah malam, ketika lampu-lampu dan peralatan elektronik lain tak digunakan.

Masalah semacam ini akhirnya teratasi ketika saya memiliki laptop sendiri. Hanya saja belakangan intensitas bepergian saya semakin besar. Oleh sebab itu saya membutuhkan  laptop yang lebih ringan,  agar tidak membebani pundak ketika di bawa bepergian. Maklumlah selain jadi penulis dan blogger, saya juga kerap ikut dalam kegiatan sosial, misalnya menjadi relawan pengajar di Kelas Inspirasi (KI) atau mengikuti kegiatan yang diadakan oleh RLI (Rumah Literasi Indonesia). Ketiga kegiatan  tersebut acap membawa saya bepergian ke berbagai tempat. Terkadang karena berat saya  jadi sedikit malas membawa laptop ke mana-mana. Jika pekerjaan masih bisa di-handle dengan aplikasi di ponsel, biasanya saya memilih untuk meninggalkan laptop di rumah saja.

Hanya saja keputusan semacam ini juga memberi resiko tersendiri. Seperti yang saya alami sewaktu  mewakili RLI (Rumah Literasi Indonesia) untuk menjadi narasumber di acara BKR (Bina Keluarga Remaja) yang diadakan di Desa Kandangan (Pesanggaran) dan Kecamatan Siliragung. Kebetulan sudah ada laptop di tempat acara, jadi saya hanya menyiapkan materi dalam flashdisk saja. Di luar dugaan, sewaktu di Kandangan, ternyata laptopnya bermasalah. Meski flashdisk terbaca, tetapi file-nya tidak bisa dibuka. Jika dipaksa ada perintah untuk menghapusnya. Dan entah bagaimana, file yang hendak saya sampaikan di acara tersebut terhapus secara tak sengaja oleh operatornya.  Beruntung saya menyimpan salinannya di ponsel sehingga penyampaian materinya bisa berjalan tanpa kendala.

Di Kecamatan Siliragung, kendalanya berbeda lagi. Flashdisk yang saya bawa tak terbaca sama sekali. Saya pikir flashdisk saya yang bermasalah, tetapi begitu dicoba dengan yang lain dan hasilnya tetap sama, disimpulkan jika masalahnya justru ada pada si laptop. Beruntung ada yang membantu mengotak-atiknya, sehingga kendala tersebut teratasi segera.

Pengalaman tak menyenangkan semacam ini kian meneguhkan saya untuk memiliki laptop impian. Tentu saja yang tipis, ringkas, dan memiliki performa mumpuni untuk mendukung kegiatan saya sehari-hari. Dan tahukah Anda? Ternyata yang bisa memenuhi impian saya adalah VivoBook Ultra A412DA.

Bagaimana tidak?



VivoBook Ultra A412DA  merupakan tipe VivoBook paling ringkas di kelasnya. Mempunyai dimensi 32,2×21,2×1,9 sentimeter dan berbobot hanya 1,5kg, laptop satu ini memiliki penampilan yang ramping dan ringan. Ini menjadikannya mudah dibawa dan diselipkan dalam tas serta tak membutuhkan ruang luas untuk menempatkannya di kala kita sedang bekerja. Dengan layar 14 inci, laptop ini mengusung resolusi full HD (1920×1080), dilengkapi fitur anti glare dengan 45% NTSC dan sudut pandang selebar 178 derajat.



Kerennya lagi VivoBook Ultra A412DA  sudah diperkuat prosesor terbaru AMD Ryzen 3000 series, baik Ryzen 3 ataupun Ryzen 5 di Indonesia lho! Penggunaan prosesor ini secara otomatis berpengaruh besar pada peningkatan kinerja dan efisiensi daya. Di saat yang sama performa produktivitas serta multitasking-nya jauh lebih responsif berkat fitur grafis AMD APP pada grafis Radeon Vega yang melengkapi prosesor AMD Ryzen 3000 series ini.


 ASUS VivoBook Ultra A412DA juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 asli. Dengan demikian kita, selaku pengguna, tidak perlu memberi Windows lagi atau meng-install software bajakan ke dalamnya.



Tidak hanya itu saja, VivoBook Ultra A412DA juga dilengkapi dengan fitur modern yaitu sensor fingerprint atau pembaca sidik jari yang terintegrasi dengan Windows Hello. Jadi tidak  perlu mengetikkan kata sandi setiap hendak login, cukup dengan satu sentuhan saja! Mudah bukan? 


Selain mudah, fitur fingerprint ini juga memberikan kita rasa aman. Rasa khawatir laptop diakses orang yang tak dikenal bisa ditepis berkat sensor fingerprint yang terdapat pada VivoBook Ultra A412DA.


Vivobook Ultra A412DA juga ergonomis dan nyaman digunakan berkat engsel ErgoLift. Engsel ini membuat bodi laptop terangkat dan membentuk sudut 20, sehingga penggunanya mendapatkan posisi mengetik yang sempurna setiap saat. Chiclet Keyboard-nya dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan penggunanya menarikan jemari di atas keyboard. Menariknya keyboard semacam ini juga lebih mudah dibersihkan. Di situasi yang tidak menguntungkan, dalam cahaya yang remang-remang, kegiatan mengetik masih tetap bisa dilakukan karena kehadiran backlit keyboard.


Tersedia dalam empat varian warna, ASUS Vivobook Ultra A412DA benar-benar diciptakan sesuai dengan kepribadian kita. Transparent Silver cocok bagi kita yang ingin tampilan canggih dan ramping, Slate Grey lebih tepat bagi mereka yang menggemari kesederhanaan, sementara Peacock Blue akan menampilkan warna yang akan berubah setiap kali kita melihat dari arah berbeda. Akan tetapi, jika ingin menonjol pilihlah warna Coral Crush yang cerah.

Nah, yang tidak kalah pentingnya adalah Vivobook Ultra A412DA dilengkapi dengan baterai polimer-lithium berkualitas tinggi yang memungkinkan kita bekerja sepanjang hari. Keberadaan fitur fast charging-nya juga mumpuni. Hanya dibutuhkan waktu  49 menit hingga pengisian baterai mencapai 60%. Dukungan Battery Health Charging technology membantu memastikan proses charging yang aman—tidak terjadi pengisian yang berlebihan—sehingga mengurangi kerusakan akibat pembengkakan baterai dan menjaganya selalu dalam kondisi yang prima. Ini yang menjamin masa pakai baterai jauh lebih lama.


Jadi kesimpulannya ASUS Vivobook Ultra A412DA benar-benar cocok untuk kita, orang-orang yang acap bepergian ke sana dan kemari. Selain bobotnya ringan dan baterainya tahan lama, laptop ini juga mulus saat digunakan multitasking, sehingga mendukung kegiatan yang membutuhkan produktivitas tinggi.



Spesifikasi ASUS Vivobook Ultra A412DA
Layar                            14 inci, Full HD, Fitur Anti Glare 45% NTSC 
                                      dan   sudut pandang  selebar 1780.
Prosesor                      AMD® Ryzen™ 5 3500U Processor
                                      AMD® Ryzen™ 3 3200U Processor
Grafis                           Radeon Vega 3 (Ryzen 3)
                                      Radeon Vega 8 (Ryzen 5)
Memori                       4 GB DDR4 2400MHz, 1 x soket SO-DIMM 
                                      untuk ekspansi  hingga 12 GB SDRAM
Storage                        Hard drive :
                                      500GB/1TB 5400 rpm SATA HDD
                                      Solid state drive :
                                      128GB/256GB SATA 3.0 M.2 SSD
                                      Solid state drive :
                                      512GB PCIe® Gen3 x2 SSD
Jaringan                      Wi-Fi
                                      Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2x2))
                                      Bluetooth
                                      Bluetooth® 4.2
Keyboard                    Chiclet keyboard (opsional)
                                      Illuminated chiclet keyboard(opsional)
I/O                               Port USB Type-C
                                      Port USB 3.1
                                      Port USB 2.0
                                      HDMI Output
                                      microSD card reader
                                      Combo audio jack
Baterai                         2 Cell 37 Whr
OS                                Windows 10
Fitur  Unggulan         Fingerprint
                                      Windows Hello
                                      Fast Charging
                                      Asus SonicMaster.
Dimensi                       322 x 212 x 19.9 mm (PxLxT)
Berat                            1.5 Kg (termasuk Baterai)

Sumber gambar :
https://www.asus.com/Laptops/ASUS-VivoBook-14-X412DA
https://channel.asus.com/ExternalFile.aspx?path=a011bfa3e181490aa60f1419c70367ab

Komentar

  1. Suka sekali dengan laptopnya. Karena sekarang udah jamannya laptop SSD buat naruh file software. Terpisah dengan hardisknya. Jadi buat ngeload lebih lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, itu juga salah satu keunggulan laptop ini. Punya ASUS Vivobook Ultra A412DA nggak rugi.

      Hapus
  2. Pengeeen punya laptop inii mbak, so slimm ada sensor fingerprint pulaaa. yg biru looks so cool gtu, harus semangaat nabung nih hehehe makasih sharingnya mbaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih, saya naksir yang silver, Mbak. Betul, kudu rajin nabung hihihi ...

      Hapus
  3. Selama ini saya pake notebook dengab merk lain, dan ketika mau ganti mesti nyarinya merk tersebut, untuk saya nemu review soal VivoBook Ultra A412DA
    Yang ternyata keren pisan... beli VivoBook ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iya Kakak. Ini laptop emang keren bingit.

      Hapus
  4. wah sliming banget cocok dibawa pergi2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak Tira. Nggak ngeberatin pundak. Apalagi kalo pas jalan ke luar kota.

      Hapus
  5. Banyak banget ya keunggulan laptop ASUS. Baca postingan ini jadi pengen punya laptop baru. Btw, salam kenal ya, Kak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK

MARI BELAJAR MERAJUT BAGIAN 1 : SIMBOL DAN MACAM-MACAM TUSUKAN DASAR

OLEH-OLEH DARI FESTIVAL BUAH NAGA : MENYAKSIKAN KEGIGIHAN PEMUDA MELEJITKAN POTENSI DESANYA

MERIANG (HADIAH DARI TUHAN)

KERIPIK AYAM LA FOREST : HUH HAH, RENYAH, PECAH!