Postingan

PRIA GAGAH PERKASA ATAU GAGAH PERKAKAS?

Gambar
 pic taken from : http://impruvism.com/abs/   Hadooooh, c apek juga mendengarnya cerita. Keluhan tentang anak-anaknya seolah tak ada habisnya. Memangnya anak siapa ? Dulu kan bikinnya berdua sama istri sampeyan to? Masa apa-apa diserahkan pada ibunya. Maksudnya itu apa? Et dah sekarang yang dibahas soal istrinya yang katanya kurang anu, kurang itu, kurang embuh apa lagi. Sampai saya mikir, kok ndak ada benernya toh si istri? Ck, Bapak Anu yang terhormat di tempat. Menurut saya yang bodoh ini, p ria itu hebat jika : -        Tak canggung mengangkat jemuran saat istrimu tersayang sibuk menggoreng ikan, bukannya malah marah-marah kala cucian basah didahului hujan. Gunakan tanganmu yang bebas untuk memberi bantuan bukannya ngedumel tanpa ujung pangkal . -         Tak segan membantu istri berkutat di belahan dunia belakang (dapur) jika istri kerepotan, tak cuma cuap-cuap mencela kalau makanan tak segera terhidang . Siapa tahu di belakang istri kerepotan, si adik

KETIKA HIDUP TERASA ASAM

Gambar
 gambar diambil dari http://www.demontforthealthyliving.co.uk/lemon-aid/ Kita memang tak bisa seenaknya memilih hidup macam apa yang kita inginkan seperti ketika kita makan di warung tegal. Tinggal tunjuk mana saja yang diinginkan asal ada uang pasti didapatkan. Ya, hidup memang sudah ada ketentuannya, sudah ada takdirnya. Meski begitu takdir tak selalu menjadi harga mati. Tuhan memberi kita kesempatan untuk berusaha dan merubah nasib kita. Masalahnya tak semua orang punya ketahanan yang kuat. Banyak diantara kita yang merasa semangatnya “bubar jalan balik kanan, grak!” begitu lemon kehidupan kita telan. Mau bergerak tapi rasanya berat, sudah itu mata juga berkunang-kunang. Dan penderitaan semakin lengkap saat pening menyerang dan kaki terantuk oleh batu di jalan. Sial!

ILUSTRASI MUDAH DENGAN PAINT ( 2)

Gambar
Untuk ilustrasi tulisan berjudul “ Yang Baik Dari Nikita Mirzani dan Zaskia Gotik ”  saya bikin gambar seperti ini. Jika gambar diatas memakai CorelDraw, nah kali ini kita belajar membuatnya dengan fasilitas Paint. Kok Paint lagi sih?  Iya, soalnya lebih mudah dipelajari. Kenapa nggak CorelDraw? Susah banget ya? CorelDraw dibilang susah banget sih enggak, tapi memang butuh waktu plus sabar untuk mempelajarinya. Untuk itu, sebelum kita sampai ke CorelDraw, kita belajar dengan Paint dulu. Setidaknya kita udah paham tools-nya apaan, plus lancar. Jadi ketika belajar CorelDraw nggak kaget-kaget amat. Kali ini yang hendak kita buat adalah balon yang melongo. Kok balon melongo? Iya, sebagai gambaran heran, terkejut, atau tidak percaya. Bagaimana caranya? Mari kita langsung ke TKP saja...(halah bahasanya). Membuat lingkaran terlebih dulu dengan elips tool.    Disusul lengkung kecil tepat di bagian bawah balon menggunakan pencil tool.

CARA MENGGAMBAR ILUSTRASI SEDERHANA DENGAN PAINT

Gambar
Untuk keperluan ilustrasi tulisan di blog biasanya saya bikin sendiri. Contohnya seperti gambar berikut ini. Nah kali ini, saya akan membagikan cara paling mudah untuk membuat ilustrasi sederhana dengan fasilitas Paint seperti gambar diatas. Kenapa nggak pakai software lainnya? Hehehe, kita cari mudahnya aja, yang semua orang punya. Soalnya nggak semua orang punya software menggambar semacam CorelDraw (yang biasa saya pakai) atau Paint Tool SAI. Nah, untuk mempersingkat waktu mari kita mulai saja... Gambar yang kita bikin kali ini tidaklah rumit. Sangat sederhana, bahkan anak SD juga bisa. Kenapa nggak pilih gambar yang rumit sekalian? Hihi, sebelum kita mulai dengan yang rumit, mari kita membiasakan tangan dan otak lebih dulu dengan hal-hal sederhana. Perkara yang sulit-sulit nyusul dah.  Terus bagaimana langkah-langkahnya? Eits tunggu dulu, mari kita belajar icon yang ada disana sebentar ya                                                           kete

YANG BAIK DARI NIKITA MIRZANI DAN ZASKIA GOTIK

Gambar
Zaskia Gotik Zaskia Gotik itu tak lebih dari lulusan SD, dia tak sepolos kelihatannya, kacang lupa pada kulitnya, dan  dia juga pernah berfoto syur pada masa lampaunya. Entah mengapa hal-hal itu membuat saya justru terketuk untuk membandingkan Zaskia dengan diri saya. Hasilnya luar biasa, hehehe...saya sadar betapa jauhnya kualitas saya dibanding dia (terlepas kesalahan yang dilakukannya). Usia lebih muda dia, tetapi perjuangannya untuk mencapai keberhasilan seperti sekarang jelas lebih rumit Zaskia.  Sekolah ia tinggalkan bukan tanpa alasan. Keadaan memaksa dan ia harus memilih mana yang paling penting—sekolah atau cari makan. Dan ia memilih yang kedua. Sebuah pengorbanan besar bagi anak usia belasan untuk keluarga. Saya tak bisa membayangkan andai saya dilahirkan menjadi dia. Apa iya saya akan kuat menjalaninya? Pertanyaan itu membuat saya membayangkan saya menjadi Zaskia kecil yang berdiri di tengah lautan manusia sebagai penyanyi dangdut kampung.  Sebelum an

2ND FREE BEDTIME STORY PROJECT : GARA-GARA PITA

Gambar
H ai, hai... Masih terkait dengan Free Bedtime Story Project, saya meluncurkan cerita lagi. Kisahnya tentang Mili yang terlambat pergi ke pesta gara-gara pitanya. Lho kok bisa? Bagaimana ceritanya? Nah, sebelum mencari tahu isinya, yuk kita intip teaser gambarnya. Coba tebak apa yang kira-kira Mili katakan pada Tara si landak? Belum tahu? Download keseluruhan ceritanya disini : http://www.ziddu.com/download/23083845/GARA-GARAPITA.pdf.html atau di http://www.4shared.com/office/EFn69tVe/GARA-GARAPITA.html Oh ya teman-teman kalau link-nya susah atau malah gak bisa komen dibawah ya, biar segera diperbaiki. Thanks...

JIKA STATUS JOMBLOMU MENGHALANGI PERNIKAHAN ADIKMU

Gambar
  gambar diambil dari sini Apakah kau masih sendirian? Sementara adikmu sudah dilamar orang? Dan pernikahannya harus ditunda karena kau belum punya calon untuk diajak ke pelaminan? Hm, maka duduk manislah dan dengar ceritaku. Siapa tahu ini bisa jadi pertimbangan bagimu... Sekitar tiga tahun lalu, Wendy, adikku mengatakan ingin melamar seseorang. Kedua orang tuaku tidak melarang, tetapi ada satu syarat yang ia harus pikirkan. Tidak apa-apa melamar anak orang, tapi soal menikah harus menunggu aku yang saat itu belum kedengaran punya gandengan *truuk kaleee. Hal semacam itu wajar di kalangan kami, yang lahir dan besar di Jawa. Tahu sendiri kan, bahwa di dalam suku kami ada kepercayaan untuk tidak menikah sebelum kakak tertua menikah alias melangkahinya. Entah apa alasannya, tetapi ada satu dua yang berkata kalau kakak yang dilangkahi adiknya akan sulit jodohnya. Benarkah demikian? Itu yang aku tak paham.

FREE BEDTIME STORY : KEMANA LOLI PERGI?

Gambar
Ketika kecil, Bapak selalu bercerita sebelum tidur. Pengalaman itu memang tidak terlupa. Selain memberi bonding kuat antara aku dan Bapak, juga mendorongku untuk suka membaca. Kali ini aku juga ingin melakukan hal yang sama. Mendongeng sebelum tidur. Tetapi karena aku belum punya anak (jiaaa misua aja belum ada gimana punya anak sih? krik-krik) dan keponakan si Kenzo nun jauh di Kalimantan, maka aku ingin membagikan dongeng ini kepada siapa saja, terutama anak-anak di belahan dunia lainnya. Kisahnya sederhana, tentang si keping mungil bernama Kiki yang kehilangan sahabatnya Loli, si ulat hijau lucu.

ANALOGI PRIA DAN JODOH

Gambar
gambar diambil dari sini Pria dan Jodoh itu bila dianalogikan seperti memilih buku diperpustakaan besar.  Di perpustakaan itu Allah telah menyediakan buku bermacam-macam. Mulai yang sampulnya lux sampai  yang bulukan. Yang isinya bagus dan menginspirasi atau bikin kita ilfil hanya sekilas pandang. Selayaknya pengunjung perpustakaan, kita diperbolehkan melihat buku apa yang pas dan asyik buat di baca. Terserah aja. Kadang tangan kita terjulur begitu melihat buku yang penampilan luarnya oke punya. Dicetak dengan sampul dari kulit, judul-judulnya timbul dengan warna perak atau keemasan. Benar-benar buku yang mentereng dan prestisius. Kalau dimiliki membanggakan. Tapi belum tentu ketika kau bisa menjamahnya. Sebab di depan buku itu sudah ngantre berderet-deret perempuan. Kalau nekat juga bisa-bisa kau dapat nomer sepuluh ribu sekian. Beuuuh, bayangin gak sih betapa kita bisa jamuran nunggu antrian yang mengular naga panjangnya? Lalu kau berjalan lagi dan menemukan buku ya

RENUNGAN : THE MOST FABULOUS IMAGES

Gambar
  this image taken from photography-cameras.org Mendapatkan seseorang yang tepat itu seperti menyeleksi ribuan foto hasil jepretanmu untuk sebuah lomba Mulai dari yang buruk, menarik, tidak berkarakter, sampai yang hampir sempurna Satu persatu kau buang, kau lihat dan akhirnya kau dapatkan beberapa yang sesuai menurut penilaian Subyektif, tergantung masing-masing orang taste-nya Lalu kau menemukannya Mengira itulah akhirnya yang pantas untuk dikirimkan lomba Komposisi, warna, sudut pengambilan, pencahayaan, dan sebagainya pas Yakin saja akan jadi juara Semua juga mengira demikian Apalagi kau itu fotografer handal Expert kata orang Pasti-lah pilihanmu itu jagoan Sampai kau membaca hasil penjurian Foto hebatmu tidak dinyatakan sebagai pemenang Bahkan sepuluh besar saja tidak

CINTA SULIT SI JANGKUNG

Gambar
                                                          this image taken from here     

SEMALAM AKU MARAH PADA TUHAN

Gambar
   gambar diambil dari sini Semalam aku marah pada Tuhan, mempertanyakan kenapa aku masih dibelit kesulitan. Aku menuduh Tuhan tidak paham, tidak mau datang kala aku membutuhkan. Segenap kekesalanku aku tumpahkan. Mulai dari cita-cita yang belum juga kesampaian sampai serangkaian kegagalan. Aku  tak ambil pusing kepada siapa aku meluapkan kemarahan. Sampai kemudian air mata berhenti, dan aku bertekad meminta jawaban apa yang harus aku lakukan sekarang. Maka  kubuka Al Qur’an secara sembarangan. Dan jawaban Tuhan terletak pada Al-'Ankabut 59 :  sumber : http://quran-terjemah.org

ME, VICKY, FARHAT ABBAS, DAN AHMAD DHANI

Gambar
HENDRIANTO a.k.a VICKY PRASETYO  Sebagai biang penggunaan bahasa “tingkat dewa” yang akhir-akhir ini kerap dibahas di media, pria satu ini memang mencuri perhatian. Dia berhasil membuat orang mencelanya habis-habisan. Mulai dari yang berkesan menyanjung sampai yang terang-terangan mengucapkan makian. Begitu juga saya.  Tak ketinggalan saya ikut mencela dan  bikin status menggunakan bahasa ajaibnya sekedar buat olok-olok. Sampai kemudian ada suara kecil yang bertanya ,”Lha, Fin...jangan-jangan kamu juga gitu. Nggak sadar kamu suka nggunain bahasa ribet biar dikira keren. Itu tuh,  bahasa yang cuma bisa dipahami oleh ahli bahasa kalbu (ngeeek). Biar dikira hebat. Coba aja deh cek status-status ama komen-komen kamu di sosmed.” Et dah...iya juga ya. Jangan-jangan saya juga begitu. Saya sih nggak merasa.. . Bisa jadi saya juga seperti Vicky. Hanya saja tidak pernah ada orang yang mengatakan terus terang di depan saya. Sepert kata pepatah kuman diseberang lautan tampak, gajah di

EFEK BER-HIGH HEELS : REMPONG, SAKIT, DAN NJUNGKIR

Gambar
Sebagai perempuan yang dikarunia tinggi tubuh aduhai, semampai (semeter sampai), terkadang saya juga berkeinginan untuk menambah tinggi tubuh secara instan. Karena tidak mungkin pakai egrang, selain tidak terlihat gaya dan nggak keren dilihat orang, maka cara tercepat adalah memakai high heels. Ya, high heels. Karena saya amatir jelas saya tidak bisa memakai yang diatas sepuluh senti atau dua belas senti. Ukuran semacam ini nanti-nanti sajalah kalau saya sudah mahir. Maka pilihan saya jatuh pada sepatu berhak runcing setinggi tujuh cm. Saya pikir bakalan aman, lha wong tingginya cuma tujuh senti.  Lalu apa yang terjadi ketika saya, seseorang yang berhasil mempertahankan gelar sebagai Miss Sandal Jepit ini, memakainya? Mari ikuti kerempongannya... Hari pertama, saya merasakan efek luar biasa memakai high heels. Kaki jadi terlihat lebih panjang dan seksi (ingat ya hanya terlihat, bukan asli begono). Maka saya berhaha-hihi sendiri, karena dalam sekejap si high heels ini berhas

DILANDA KESEMPITAN, NGE-BLOG TERUS JALAN

Gambar
menulis-menulis apapun keadaannya  Percayalah, saya sedang tidak dalam kondisi baik ketika menuliskan ini. Well katakan saja saya sedang dirundung problem perkara keuangan. Sejak saya memutuskan untuk hengkang dari kantor karena alasan yang tidak bisa saya kemukakan di depan umum saya memang memilih untuk berkonsentrasi di bidang yang saya sukai, menulis. Hasilnya belum seberapa. Sering saya ditanya Emak saya tercinta, besar mana perbandingan pemasukan dan pengeluaran buat menulis? Terus terang jawabannya lebih besar pengeluaran. Biaya nge-print, beli kertas, ngirim naskah,  belum lagi biaya untuk menghidupi diri sendiri terkadang bikin saya miris. Sedangkan pemasukannya wooow, fantastis! Fantastis bukan dalam artian besar lho tapi  nggak setiap bulan selalu ada (hahahaha). Maka itu dompet saya kini tidak segendut dulu kala, selalu langsing karena lemaknya sudah keluar (baca : uang ?). Alhasil saya harus mengirit uang simpanan saya agar tetap bisa mengirimkan karya saya e

JANGAN JADI JOMBLO MENYEDIHKAN

Gambar
Anda jomblo? Baru putus atau sudah tahunan sendirian? Sering banget apdet status tentang kesendirian, butuh teman, terus tersinggung kalau ada orang yang nge-tag undangan kawinan? Saat orang pamer suami atau istri kamu juga kesal? Apalagi kalo udah ditanyain kapan kawin sama orang? Wuuh rasanya pengen aja ngebejek-bejek itu orang. Plis kawan, berhentilah nyusahin orang. Memang dinding itu dindingmu, tetapi pernah nggak sih mikir kalau kamu bikin polusi dunia maya? Mungkin kamu akan berkata padaku ,”Ih, hakku dong, Fin. Terserah gue mau ngapain. Kalo nggak suka ya udah, lo bisa unfriend gue. Unfollow gue. Terserah!” Huwaa jangan marah dong kawan. Justru itu betapa tidak nyamannya di unfriend orang atau di unfollow orang gara-gara kamu kerap menuliskan status negatif. Apa enaknya digituin orang? Nah sekarang mari kita berpikir, setelah memasang status negatif apakah perasaanmu tenang. Sesaat kurasa ya. Lega sekali setelah melampiaskannya. Tapi justru itu tanpa kau sadari kau te

LOWONGAN SUPERHERO

Gambar
Satu hari saya menghadap Tuhan. Saya mengeluh kenapa Tuhan memberikan hidup yang membosankan. Wajah, tubuh, karier tak ada yang mengesankan. Semua biasa, sangat biasa. Saking biasanya tak ada yang melirik saya. Euh, menyebalkan! Saya ingin menjadi luar biasa. Ingin dikenal manusia sedunia. Tapi bagaimana caranya? Tuhan menunjukkan sebuah plang bertuliskan “Lowongan Superhero”. Mata saya berbinar. Itulah yang saya inginkan. Saya yakin dengan berkarier sebagai Superhero hidup saya akan gemilang. Dipuja-puja orang. Dielukan sepanjang jaman. Maka saya pun mendaftar. Tapi apa yang terjadi kemudian kawan? Semua berjalan tidak sesuai harapan.

42 : COULD YOU HANDLE YOUR EMOTION?

Gambar
 Theatrical release poster for  film "42" source : http://www.truebluela.com/2013/2/8/3968928/42-movie-poster Judul Film    : 42 Genre          : Drama Sutradara    : Brian Helgeland Negara       : Amerika Tahun edar  : 2013 Pemeran     : Chadwick Boseman, Harrison Ford, Nicole Beharie Durasi        : 128 menit Menilik judulnya sepertinya tak ada yang istimewa. Tapi sesungguhnya film ini layak jadi tontonan oleh anda-anda semua, rekan penulis yang tercinta. Yang pemula atau yang kawakan. Yang bersedih karena berbagai penolakan, yang berduka karena cemoohan. Karena dalam film ini ada sebuah pesan yang penting yang mengesankan. Apakah itu? Let’s follow me, guys... Kisah dimulai ketika General Manager Brooklyn Dodgers, Branch Rickey mengutarakan niatnya mencari pemuda kulit hitam untuk menjadi anggota tim bisbol tersebut. Semua menentang keinginannya. Wajar mengingat pada masa itu tak ada orang kulit putih yang bersedia main satu liga dengan pria kulit hitam

WISATA CEKAK KE MARGO UTOMO

Gambar
Sebenarnya banyak sekali destinasi wisata di Banyuwangi yang bisa dikunjungi, seperti Rowo Bayu, G-Land, Sadengan, Teluk Ijo. Namun karena keuangan cekak maka pilihan terbaik adalah mencari tempat terdekat yaitu Margo Utomo. Kenapa tidak ke air terjun Lider atau Umbul Pule yang lebih dekat dari tempat kami tinggal (kecamatan Genteng)? Alasan kami medan Lider menyulitkan dan Umbul Pule hanya begitu-begitu saja. Selain alasan utama, yaitu ingin tahu dalamnya Mini Plantation yang berulang kali masuk televisi itu. Masa orang jauh aja tahu, kami yang asli Banyuwangi malah belum pernah kesana sama sekali? Memalukan to? Pikir kami waktu itu. Tentang Margo Utomo dan jarak tempuhnya Margo Utomo Agro Resort yang terletak di belakang stasiun kereta Api Kalibaru. Jarak tempuh dari Surabaya sekitar 6 jam-an, bila lancar dan tidak ada macet di daerah Porong. Sementara dari Bali jarak tempuhnya sekitar 6-7 jam. Bisa lebih bila terjadi antrean di penyeberangan Gilimanuk-Ketapang. Transporta

KUNCI CEWEK NAKAL = BELAJAR

Gambar
gambar diambil dari www.visualphotos.com Tidak tepat bila ia disebut nakal sebenarnya. Tapi penggoda yang tidak mudah tergoda. Dengan kepiawaiannya perempuan satu ini berhasil membuat pria manapun bertekuk lutut padanya. Tak satupun tak merasa tertarik jika ia sudah menginginkannya. Seperti kerbau dicocok hidungnya, pria itu seolah jadi seorang yang penurut padanya. Bersedia melakukan apa saja, termasuk mengalirkan hadiah-hadiah mahal untuknya. Ketika saya tanya ,”Apa kau tak takut  kekasih-kekasih mereka mencak-mencak bila mengetahuinya?” Sambil tertawa ia berkata ,”Aku tidak meminta, mereka sendiri yang mengirimkannya. Jadi jangan salahkan saya.” Saya nyengir mendengarnya. Obrolan berlanjut ke titik selanjutnya. Dimana saya bertanya bagaimana ia bisa membuat para pria itu termehe-mehe padanya. Bahkan meski hanya lewat obrolan saja? Tanpa perlu bertemu fisik dengannya. Sederhana kuncinya. “Buat mereka nyaman denganmu,” begitu jelasnya. Hah? Membuat mereka nyaman? Hanya