Postingan

SURAT TERBUKA UNTUK BAPAK PRABOWO SUBIYANTO

Gambar
Assalaamu’alaikum Bapak Prabowo yang terhormat, Saya bukan siapa-siapa dan tidak berniat mencela keputusan yang Bapak sampaikan di televisi tanggal 22 Juli 2014 pukul 15.00. Saya sadar apalah saya. Tak pantas saya mencela sementara saya ini masih banyak melakukan dosa. Saya justru hendak mengajak Bapak duduk dan merenungi peristiwa yang baru-baru ini terjadi lewat Kisah Imam dan Jamaah . Di dalam kisah ini Bapak  adalah imam, saya serta rakyat lainnya adalah jamaah, partai-partai yang ada adalah surau-suraunya, dan negara ini adalah masjidnya. Sebagai Imam Bapak adalah orang yang mumpuni dan jelas punya kemampuan. Itu sudah dibuktikan oleh jamaah Panjenengan. Menurut mereka Bapak adalah imam yang hebat dan punya visi ke depan. Pada akhirnya kemampuan Panjenengan itu menarik minat banyak kalangan. Tak  hanya jamaah dari surau lain yang terpukau oleh Panjenengan,  bahkan imamnya pun  merasa demikian. Maka tak heran ketika sebuah masjid besar mengadakan pemilihan imam baru Panjenen

GAYA OLD SCHOOL, GAYA JUARA MEMPERINGATI IDUL FITRI 1435 H

Gambar
Lebaran segera tiba. Wajar kiranya bila semua ingin tampil paling thok cer untuk memperingati hari raya 1435. Mungkin agak telat membahasnya mengingat  lebaran sudah tinggal beberapa hari lagi. Tapi apa salahnya? Siapa tahu ini bisa jadi bekal bagi anda yang belum atau baru berniat belanja karena THR belum tiba (hihi). Seperti kebiasaan kita lebaran tanpa baju baru rasanya seperti sayung kurang garam. Tapi apakah itu sebuah keharusan? Ah, nggak. Nggak kok.Nggak ada keharusan memakainya. Lalu bagaimana sih asal muasalnya? Kok memakai baju baru jadi tradisi setiap lebaran di negeri kita? Saya kurang paham asal muasalnya. Tetapi ada sebuah cerita mampir di telinga saya bahwa lebaran itu sebenarnya berasal dari kata bar dalam bahasa jawa yang artinya bubar. Bubar dalam hal ini bukan dalam artian habis-habisan membiayai beragam keperluan lebaran. Tapi habis-habisan mengikis segala hal buruk yang ada dalam diri kita. Menjadi manusia baru yang pandai menahan hawa nafsu, pandai memanfaa

PILPRES 2014 : SIAPAPUN PEMENANGNYA, RAKYAT YANG UTAMA

Gambar
                                                      sumber  gambar : www.indopos.co.id Hari ini adalah hari penting buat kita semua. Jam 16.00 nanti kita akan mendengar pengumuman KPU siapa pemenang Pilpres 2014 yang dilaksanakan 9 Juli silam. Tak ayal saya jadi berpikir betapa bulan Juli ini kita diberi banyak keberkahan. Tidak hanya soal puasa yang jatuh di bulan ini tapi juga banyak soal lain yang tanpa kita sadari kita pelajari bersama-sama. Jika biasanya seruan untuk menahan diri di bulan puasa ditujukan untuk umat muslim secara umum, bulan ini seluruh rakyat Indonesia melakukannya bersama-sama. Tak peduli apapun agamanya. Ada yang lolos dan bersikap santai menghadapi provokasi di sosial media. Meski mereka adalah pendukung salah satu capres mereka tidak serta merta terpancing emosinya bila ada berita buruk terkait capres pilihannya. Golongan ini memilih bersikap bijak dan realistis.Mereka menyaring seluruh berita dan kemudian memilih untuk mengeluarkan statemen posi

SAAT STASIUN TV MEMIHAK

Gambar
                                                    tv kok memihak, preeet...... Saya tidak tahu apakah anda sependapat dengan saya bahwa dua teve swasta (Me**otv dan Tvo*e) punya kecenderungan mendukung salah satu capres dan cawapres. Yang satu lebih condong pada Jokowi-JK, satu lagi Prabowo-Hatta. Menurut saya condong itu wajar, tapi jika berlebihan rasanya memuakkan.  Saya orang awam, saya tidak mengerti soal jurnalisme. Tetapi bukankah seharusnya teve itu media yang independen? Boleh saja punya kecenderungan tetapi haruskah sedemikian kental. Sajikan saja informasi tentang mereka dengan berimbang, tak usah berat sebelah.

FUBE BROOCH

Gambar
Setelah kemarin bikin Bros ceria paduan mote, kain jala, dan kain perca. Kali ini bikin kita bikin Fube brooch. Emang apa sih fube brooch ? Fube bros itu akronim dari full beads brooch . Hihi... Susah gak? Halah, nggak kok. Cuma memang butuh telaten aja. Soalnya ukurannya lingkarannya lumayan gedeh, jadi sedikit butuh waktu untuk masang motenya. Tapi kalo udah jadi dijamin tring, tring...jedar! Gimana caranya? Yuk kita   ikut saja langkah-langkah berikut ini :

ATASI STRESS DENGAN BERDOA DAN INVENTARISASI NIKMAT

Gambar
Bulan itu tak ada pemasukan bagi saya. Dompet saya kering kerontang, bagaikan sawah yang enam bulan tak dialiri hujan. Memang sih ada uang, tapi hanya Rp 50.000,- saja. Duh, bagaiman saya bertahan hingga sebulan? Seminggu, dua minggu...saldo tak bertambah juga. Uang pun semakin menipis saja. Hutang? Jelas tidak mungkin. Saya takut tidak bisa bayar. Minta uang sama ortu? Aduh, kok malu. Seharusnya saya sudah mandiri, tak perlu menyusahkan mereka lagi. Menangis pun saya tak berani, takut kebablasan dan nggak berhenti. Curhat sama teman? Apalagi ini. Nggak berani kuadrat! Sederhana saja, saya tak ingin menyusahkan orang lain dengan permasalahan saya. Sementara mereka juga punya permasalahan yang   harus mereka tangani.

6 TIPS YANG HARUS DILAKUKAN KETIKA PASANGAN DIANGGAP TIMPANG

Gambar
                Setiap orang yang menikah pasti menginginkan kehidupan pernikahan yang lancar dan menyenangkan. Tetapi ternyata tak selalu demikian. Selayaknya pantai, pernikahan itu ada pasang surutnya. Begitu juga pernikahan yang dialami Manda. Nyonya muda itu mulai pusing kepala menghadapi kenyataan di depan mata, pernikahan yang telah berjalan selama lima tahun itu goncang sejak dua tahun silam. Semua bermula ketika usaha Vino, suami Manda,   mengalami kemunduran. Vino, yang ia kenal sebagai sosok tampan dan penyabar telah berganti dengan sosok yang kasar dan mengesalkan. Keadaan makin runyam ketika karier Manda di sebuah PMA melesat bak meteor, sementara usaha Vino gulung tikar. Vino dan Manda yang dulu penuh cinta, kini kerap terlihat jalan sendiri-sendiri meski masih tinggal bersama. Sementara Tita, yang menikah setahun silam merasa getir ketika orang-oang mencemooh pasangan hidup yang dipilihnya. Sudahlah miskin, tak punya pekerjaan tetap pula. Apa yang bisa di

BROS CERIA PADUAN MOTE, KAIN JALA, DAN KAIN PERCA

Gambar
Beberapa waktu sebelumnya saya pernah membuat craft tutorial berjudul Mari Belajar Merajut Bagian 1 . Karena bagian duanya belum kelar-kelar, saya selingi saja dengan cara membuat bros ceria paduan mote,   kain jala, dan kain   perca ya. Mumpung ada yang ngasih kain perca, eman kalo nggak dimanfaatkan.   Sekarang kita mulai saja cara pembuatannya. Alat dan Bahan Mula-mula kita siapkan alat dan bahannya yaitu mote, benang, jarum, kain felt, kain jala, kain chiffon. Jika kain jala atau chiffon tidak ada, pakai saja kain yang ada. Usahakan yang satu polos, sedangkan satunya lagi bermotif.

SEDEKAH ITU BIKIN MALU SAYA

Gambar
                Saya memang tidak punya banyak harta, tapi saya bersyukur kadang-kadang bisa berbagi rezeki saya yang tak seberapa . Tapi justru itu, kerap sedekah itu bikin malu saya .   SEKRESEK KRUPUK   SINGKONG Saya datang dengan amplop yang isinya tak seberapa. Beli beras dua kilo aja nggak bisa. Tapi sambutannya luar biasa. Saya disilakan duduk, dijamu dengan teh dan krupuk singkong yang ia punya. Saya tak tega memakannya, bukan karena jijik atau apa tapi karena keberadaan si krupuk di toples itu yang bikin saya garuk kepala. Bagaimana tidak? Dalam toples plastik besar itu si krupuk hanya ada di dasar. Terpaksa untuk menghormati empunya rumah, saya ambil satu. Setelah itu saya habiskan minum dan pamit pulang. Tujuannya biar saya nggak disuruh makan kerupuk yang tinggil seuprit itu. Saya nggak enak hati memikirkan kalau si krupuk sebenarnya lauk mereka makan. Begitu saya pamitan, si ibu mencegah saya dan menyuruh putrinya untuk mencari kresek. Katanya buat wa

MEMBUAT SIMPLE SMILEY DENGAN COREL DRAW X5

Gambar
  Smiley ? Pasti sudah kenal dong dengan dia. Smiley adalah ekspresi wajah yang mewakili suasana hati—bahagia, sedih, marah,   dan sebagainya. Smiley sering digunakan saat kita ber-sms, chat, atau mengirim komentar di sosmed seperti facebook. Namun tak jarang juga smiley digunakan sebagai ilustrasi sebuah artikel. Nah, sekarang bagaimana cara membuat simple smiley dengan Corel Draw X5 ?  Let’s go now! Eits, tunggu dulu...bikinnya susah nggak sih? Terus kalau nggak pakai Corel Draw X5 gimana? Tidak, bikinnya nggak susah. Pakai Corel Draw versi apa aja bisa, lha wong basic-nya sama. Hanya saja di versi baru ini terdapat keunggulan dibanding versi sebelumnya.   Lebih cepat dengan dukungan multi-core baru, konten lebih kaya, serta dilengkapi dengan tutorial yang lebih lengkap dibanding sebelumnya.   Sekarang kita mulai aja ya langkah-langkah membuat simple smiley dengan Corel Draw X5.

JANGAN PANGGIL SAYA BANCI

Gambar
Terlahir ke dunia sebagai pria. Di, sebut saja begitu namanya, memang tidak seperti pada umumnya anak laki-laki seusianya. Ia cenderung melambai dan gemulai seperti wanita. Meski suaranya tidak kemayu, tetapi jelas gayanya berbeda. Caranya berdiri, caranya berkata, caranya menggerakkan tangannya...Membuat orang dengan mudah mengatainya sebagai banci . Bahkan semasa kecil ia lebih suka bermain dengan anak perempuan ketimbang anak lelaki. Apa pasal? Di sana ia tidak diterima. Keberadaannya selalu jadi bahan olokan. Dengan anak perempuan, ia lebih senang. Disana ia lebih bisa diterima. Ya, meski ada yang berlaku sama, mengolok-oloknya, tetapi tak separah bocah-bocah sejenisnya. Ketika ia mulai beranjak remaja, Di mulai menyukai lawan jenisnya. Seperti yang anda bisa bayangkan, Di ditolak oleh gadis yang ditaksirnya. Alasannya sudah bisa diduga. Karena kondisi Di yang menurut mereka tak sewajarnya. Pria kok kayak wanita. Ngetril gitu jari-jarinya.                  

ISENG ITU DIANJURKAN!

Gambar
Iseng itu selalu menyebalkan. Makanya iseng itu dilarang! Aih, kata siapa? Iseng itu justru saya anjurkan. Anda harus iseng agar hidup anda menyenangkan. Lho kok gitu? Sebab iseng bisa menjadi penyaluran diri kala stress datang bahkan bisa juga mendatangkan uang . Eits, tapi tunggu dulu. Ini iseng bukan sembarang iseng, tapi iseng yang kreatif dan bermanfaat. Seperti apa contohnya?  design kartu lebaran, diikutkan lomba dan tidak menang heheheheh

Dear ALLAH part 1 : Engkau Membuatku Teramat Kaya

Dear Allah , Engkau teramat baik ketika mengingatkanku agar jujur dalam bekerja. Meski untuk itu aku harus keluar dari tempat kerja dan mencari cari menafkahi diriku sendiri dengan ketrampilan yang kukuasai sebelumnya. Secara finansial memang belum nampak hasilnya. Dibanding gaji di tempat kerjaku yang lama jelas gajinya yang sekarang lebih kecil. Tetapi justru dengan itu Engkau membuatku teramat kaya . Bukan kaya karena gunungan harta tetapi pengalaman batin yang tiada dua . Kau pertemukan aku dengan orang-orang yang dalam kesempitannya bahkan tidak sempat menyeru buruk kepada-Mu. Kau tunjukkan aku dengan orang-orang yang tetap teguh melangkah menuju-Mu walau susah sungguh. Kau palingkan mukaku kepada  orang-orang yang tak kuasa meminta-minta walau hidupnya miskin papa. Kau perdengarkan kepadaku kisah-kisah baik orang-orang yang memilih bersusah-payah membantu anak yatim ketika dirinya sendiri sesungguhnya membutuhkan pertolongan. 

MENDUNG DAN BERIBU KETAKUTAN TAK BERALASAN

Gambar
Mendung memang, tapi ketimbang mengeluhkannya mengapa kau tidak mencari payung dan melangkah sesuai rencana yang kau inginkan. Becek, cipratan air kotor, dan basah di badan itu resiko yang harus diambil. Tapi itu lebih baik daripada duduk tanpa berbuat apa-apa selain menggerutu nasib sial yang menimpa kita. “Aduh, tapi diluar terlalu dingin, kau tahu kan aku tak kuat dingin. Kalau aku sakit bagaimana bisa sampai di tempat tujuan?” Kau benar, memang diluar dingin. Tapi kau masih punya jaket, kawan. Pakai saja dan teruskan perjalanan.

[Fiksi Blogfam] My Dad Is Presiden

Gambar
Bab 1. Hayalan Tingkat Dewa Candha baru saja tiba di bandara Soekarno Hatta waktu melihat rombongan Paspampres. Rupanya mereka mengawal anak Presiden Indonesia. Candha jadi teringat dirinya 8 tahun silam. Ia jingkrak-jingkrak begitu Bapaknya terpilih dalam Pilpres 2014. Ia berlinang air mata membayangkan enaknya jadi anak RI 1. Ia akan dikenal dan dielukan seantero negara. Soal cinta takkan lagi merana. Jika dulu ditolak kini ia dicari-cari. Candha berlinang air mata, sampai ia sadar satu kelas memandangnya bak alien salah naik pesawat. Bab 2. Why Me ?             Setelah Bapaknya resmi jadi presiden, Candha mendadak jadi trending topik di   mana-mana. Bukan karena prestasi melainkan karena gaya berpakaian dan omongan medhoknya. Semua bilang ia norak dan kampungan. Kata Mama ia tak usah menghiraukannya. Bagaimana bisa? Bila setiap hari berita tersebut didengarnya. Untung ada Kiana , gadis keturunan China yang punya nasib tak jauh beda dengannya. Dengan cewek cu

GREEN CORNER

Gambar
Tidak perlu menjadi anggota green peace untuk menyelamatkan dunia. Cukup tanami halaman rumah atau jalan-jalanmu dengan pohon dan bunga. Selain menyejukkan mata, tanaman membantu menyerap karbon dan meredam polusi udara. Meski kadarnya tak sebaik trembesi, angsana, atau akasia. Cantik saya  menemukan keindahan ini di halaman orang dan sudut jalan

MERIANG (HADIAH DARI TUHAN)

Gambar
Jika kamu luar biasa, merasa diri tiada duanya Takkan bisa dibandingkan hebatmu dengan lainnya Tunggu saja saat hadiah kecil Tuhan mampir padamu Mulailah sang virus menyerang Hidung meler   dan tenggorakan radang Menelan susah, bernapas susah Miring ke kiri susah, ke kanan juga Kepala pening dan nyut-nyutan Rasanya lebih enak tinggal di rumah timbang kelayapan Mulailah mengumpat   sembarang binatang Menyesali kenapa meriang muncul saat tak diinginkan (memangnya meriang pernah diinginkan?) Kerja lagi numpuk, deadline sudah di depan mata Huuh, apa namanya kalo tidak disaster Bila kau lebih suka menyumpal kepala dengan bantal ketimbang kerja?

PESTA TAHUN BARU : HITUNG MUNDUR HARI KEMATIANMU

Gambar
kembang api meluncur ke angkasa Pesta tahun baru selalu identik dengan pesta dan beragam keseruannya. Tapi Misty berbeda, dia bilang di Pesta Tahun Baru : menghitung mundur hari kematianmu . Semua dimulai ketika ia bertanya  ,”Kamu merayakan tahun baru kemarin itu?” Saya geleng kepala. Saya memilih di rumah, nonton, teve, lalu tidur nyenyak guling-guling kasur. “Ha, kenapa?” tanyanya. “Hujan, Mis. Males basah-basahan. Lagian juga isinya begitu-begitu aja.” “Saya juga,” Misty yang biasanya cengengesan berubah jadi serius. “Saya malah mewek malem itu.” “Kenapa? Karena situ jomblo, jadi ndak ada yang ngajakin keluar gitu.” “O, sontoloyo! Bukan.” “Terus kenapa, Sri Misty Plekenut Hokya ?” Misty diam lalu berkata ,”Lha piye to kamu itu? Setiap tahun berlalu usia berkurang satu . Detik-detik jelang pergantian tahun waktu orang menghitung mundur, saya kok jari mikir sebenarnya kita sedang menghitung mundur hari kematian kita sendiri? Orang-orang ndak sadar soal itu,

LOOK I AM GOOD MORE THAN IBU ATUT

Gambar
Satu hari setelah baca berita   fashion Gubernur Banten, Misty berkata ,” Look I am good more than Ibu Atut.” Saya melengak kearah Misty. Dengan wajah tanpa dosa Misty menunjukkan barang-barang branded yang dipakainya.   Kremes Bag (Kresek Lemes Bag) “Kau lihat ini. Ini adalah tas paling fungsional, kawan. Terbuat dari plastik, bukan kulit. Tapi jangan meremehkannya, ia amat berguna. Terutama saat musim hujan begini. Bisa menyelamatkan tas kerja dan sepatu yang saya pakai tiap hari. Tinggal bleng, nggak kena hujan deh. Atau kalau ndak hujan bisa buat bawa belanjaan dari pasar,” kata Misty sambil tertawa. Saya ngakak, dalam hati mengiyakan apa katanya. “Yang paling penting ya, Fin, kalau kamu pakai kremes bisa menyelamatkan Hermes di musim penghujan. Sebaliknya kalau pakai hermes ndak bisa menyelematkan kremes dan seisinya.” Misty menunjuk tas kresek hijau besar, berisi dokumen dan pekerjaan kantor yang belum kelar. Parfum Bavkeri (Bau Kethek

WHEN THE LIGHT IS OFF

Gambar
Kau mengira seluruh hidupmu selalu secerah langit pagi ini. Selalu bahagia, takkan ada aral melintang. Tuhan Maha Baik , Tuhan Maha Baik ...Begitu kau selalu berkata. Tapi dunia serasa runtuh ketika persoalan datang padamu. Kau harus meniti titian setipis itu untuk sampai ke seberang.     Tak ada pilihan bagimu—terus maju atau kau lantak ditempat. Kau pilih yang pertama. Tetapi ada yang tak tetap di hatimu. Kau meragukan “Tuhan Maha Baik”-mu. Bisa ditebak apa yang terjadi kemudian. Kau melangkah tanpa kepercayaan, tak kau serahkan nasib pada Tuhan. Kau hilang keseimbangan. Kau jatuh dan duniamu gelap seketika . And You’re drowning when the light is off !