20 Oktober 2013

CARA MENGGAMBAR ILUSTRASI SEDERHANA DENGAN PAINT



Untuk keperluan ilustrasi tulisan di blog biasanya saya bikin sendiri. Contohnya seperti gambar berikut ini.



Nah kali ini, saya akan membagikan cara paling mudah untuk membuat ilustrasi sederhana dengan fasilitas Paint seperti gambar diatas. Kenapa nggak pakai software lainnya? Hehehe, kita cari mudahnya aja, yang semua orang punya. Soalnya nggak semua orang punya software menggambar semacam CorelDraw (yang biasa saya pakai) atau Paint Tool SAI.


Nah, untuk mempersingkat waktu mari kita mulai saja...
Gambar yang kita bikin kali ini tidaklah rumit. Sangat sederhana, bahkan anak SD juga bisa. Kenapa nggak pilih gambar yang rumit sekalian? Hihi, sebelum kita mulai dengan yang rumit, mari kita membiasakan tangan dan otak lebih dulu dengan hal-hal sederhana. Perkara yang sulit-sulit nyusul dah. 
Terus bagaimana langkah-langkahnya? Eits tunggu dulu, mari kita belajar icon yang ada disana sebentar ya 

                                                         keterangan diambil dari sini





 Nah sekarang baru kita mulai menggambar. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

-     Membuat lingkaran

 
Untuk membuat lingkaran, klik saja bentuk oval. Gerakkan kursor maka akan terbentuk lingkaran seperti gambar di atas. Jika mau diperbesar klik bagian pojoknya dan tarik saja. Mudah kan?

- Membuat Mata


Seperti langkah sebelumnya kita buat dua lingkaran kecil untuk mata. 

-Membuat Mulut


Klik ikon pensil, lalu gambar bentuk lengkung. Setelah lengkung jadi, teruskan dengan membentuk lidah melet.

-        - Mewarnai


Klik ikon kaleng cat tumpah untuk memberi warna pada lingkaran. Jangan lupa ya klik warna foreground yang diinginkan.
Lho kok matanya tetep putih, begitu juga lidahnya. Gimana dong? Tenang itu masuk langkah selanjutnya

 
-       - Mewarnai mata dan lidah



Langkah-langkahnya sama dengan cara mewarnai lingkaran. Klik warna yang diinginkan lalu gerakkan kursor ke area yang ingin diberi warna.

-     -  Membuat speech baloon atau callout shape


Klik saja gambar oval, rectangular, atau cloud call out. Jika sudah mari kita isi kata-kata di dalamnya dengan mengarahkan kursor ke ikon huruf A. Klik saja dan sekarang mulailah menuliskan kata-kata yang diinginkan. Tentu saja yang catchy ya...
Oh ya kebetulan saya pakai Windows 2007, ada beberapa fasilitas disini yang sepertinya tidak ada di Windows sebelumnya seperti callout. Jika tidak ada maka bisa disiasati dengan membuat bentuk seperti dibawah ini :



Hasil akhirnya akan seperti gambar berikut ini.



Gimana? Mudah kan? Nah selanjutnya coba bikin gambar lain. Coba aja, ngawur nggak apa-apa. Nggak ada yang nilai kok. Maksudnya supaya kita kenal dengan tools-nya. Nah kalau sudah kenal biasanya mau bikin kreasi yang lebih heboh jadi lebih gampang.
Selamat mencoba.

Hug, hug.





-      

23 komentar:

  1. Wahh boleh nih tutorialnya keren rajin banget

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. silakan dicoba Mbak Agustina

      Hapus
  3. sip ni... gambarnya lucu..., kapan ada waktu mo coba bikin di paint :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ayo bikin Mbak Nova gak butuh waktu lama kok

      Hapus
  4. Makasih, mb Afin... sudah sering mencoba pakai paint, tp hasilnya masih mencong2. Kucoba tipsnya yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan mbak ley, semoga nggak ribet ya tutorialnya

      Hapus
  5. hihihii....makasih mbk tipsnya,salam kenal ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sma Mbak Hana, salam kenal juga

      Hapus
  6. Keren mbak afin.
    Boolmark aaah.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eheheh, mbak Eky bisa aja

      Hapus
  7. waah keren,,paint adalah aplikasi pertamaku sebelum kenal sama corel draw,,nice share mbak :))
    salam EPICENTRUM
    mampir ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sebelum kenal sama Corel, salam kenal juga

      Hapus
  8. lebih puas ya menggambar sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Lidya, lebih pas dengan artikelnya

      Hapus
  9. lagi... lagi... yang lain donkkk kaka >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhaha, udah ada yang kedua. Tapi ya gitu-gitu aja,

      Hapus
  10. Keren pake banget mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah masih banyak yang kasih tutorial lebih keren mbak Rizka, eniwei thanks lo

      Hapus
  11. pas pake pen nya suka gemeter jadinya mencong sana sini deh T____T

    BalasHapus