24 Juli 2015

MANUSKRIP AL QUR’AN TERTUA DI DUNIA TELAH DITEMUKAN!



Al Quran berusia 1370 tahun


 Menyenangkan mengetahui manuskrip Al Qur’an tertua telah ditemukan. Berdasarkan laman resmi University of  Birmingham, manuskrip merupakan bagian dari koleksi Middle Eastern Manuscript yang dimiliki Cadbury Research Library-University of Birmingham.

Dikumpulkan oleh Alphonse Mingana pada tahun 1920-an,  dua lembar perkamen yang ditulis dalam huruf hijazi tersebut semula tidak diketahui karena bercampur dengan naskah lain yang serupa tetapi ditulis hampir 200 tahun kemudian.

Berdasarkan analisis radio karbon, manuskrip tersebut ditulis antara tahun 568-645 masehi dengan tingkat keakuratan 95,4%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa manuskrip yang berisi surat 18-20 tersebut ditulis berdekatan dengan tahun-tahun hidup Nabi Muhammad yaitu antara tahun 570-632 masehi.


manuskrip ini ditulis dalam huruf hijazi, belum memakai harakat atau tanda baca

Selama beliau hidup, Al Qur’an hanya disampaikan secara oral dan tidak dibukukan seperti sekarang. Umumnya orang-orang hanya mengandalkan ingatan, meski sebagian lain menulisnya diatas batu, daun, atau tulang. Segera setelah beliau meninggal, Kalifah Abu Bakar, memerintahkan untuk menuliskannya menjadi sebuah buku. Yang kemudian disempurnakan dibawah arahan Kalifah Utsman Bin Affan.

Dilansir dari The Guardian, Dr. Muhammad Isa Waley, kurator senior dari British Library menyatakan bahwa penemuan tersebut adalah kabar menggembirakan bagi hati setiap muslim.



*dari berbagai sumber

seluruh gambar bersumber dari sini

7 komentar:

  1. Balasan
    1. hebat sekali ya Mas Adi, merinding jadinya

      Hapus
  2. Balasan
    1. Allah punya saja cara memberi tahu kita pengetahuan baru lewat banyak penemuan islam ya mbak

      Hapus
  3. Anonim10:13 AM

    Hati2, cek kebenarannya apakah asli/tidak. jgn terjebak konspirasi global utk hancurkan Islam. Ambil pelajaran kasus ditemukannya injil Dedache, Gulungan Naskah Laut Mati (Dead Sea Scroll) di Qumran, Mesir, dan Injil Barnabas yg dibuat 1500 th yll ditemukan di Turki. Ambil pelajaran dan hikmah dari sejarah gereja khususnya timbulnya kitab Perjanjian Baru (Markus, Matius, Lukas, Yohanes yg menurut “The Jesus Seminar” hanya 18 % saja murni sbg ucapan Yesus ; 82% adalah palsu/tidak pernah diucapkan Yesus) yg dibuat Paulus dari Tarsus dan dikuatkan oleh otoritas gereja dan Kaisar Konstantin lewat Konsili Nicea th 325 M dan konsili lainnya. Yg benar dikatakan salah, yg salah malah dianggap benar. Jgn sampai kita terjebak pro dan kontra/polemik menghabiskan seluruh sumber daya, sehingga tidak tercapai kebangkitan kembali dunia Islam. Bagi Muslim sdh jelas bhw Qur’an dijamin langsung keasliannya oleh Allah, jutaan muslim menghafalkannya sehingga akan ketahuan bila ada yg palsu.

    BalasHapus
  4. Anonim10:14 AM

    Setelah melalui proses penelitian yang sangat intens selama +- 8 (delapan) tahun 1985-1993, 76 (tujuh puluh enam) pakar Alkitab menerbitkan laporan lengkap hasil “The Jesus Seminar” dalam bentuk buku berjudul “The Five Gospels, What Did Jesus Really Say?”The Search for the Authentic Words of Jesus”. Dirilis pada tahun 1993, buku ini bisa dikatakan sebagai buku paling ilmiah dalam menilai shahih (akurat) atau dhaif (tidak akurat)-nya kitab Injil.
    “The Jesus Seminar” dinaungi Westar Institute dan diketuai Robert W Funk, seorang ahli Perjanjian Baru bergelar profesor di Montana University dan Roy W, Hoover. Tujuan seminar ini adalah menganalisis ke-4 Injil kanonik (Matius, Lukas, Markus dan Yohanes) serta Injil Tomas kemudian menentukan ayat mana yang sebenarnya berisi sabda Yesus, dianggap menyerupai sabdanya, dan ayat mana yang merupakan karangan orang lain.
    Walhasil, para ilmuwan itu menyimpulkan, “Eighty-two percent of the words ascribed to Jesus in the gospels were not actually spoken by him.” Artinya, “Delapan puluh dua persen kata-kata yang dianggap berasal dari Yesus dalam Injil tidak benar-benar diucapkan olehnya (Yesus).” (Robert W. Funk, Roy W. Hooverand John Dominic Crossan (co-chairs); The Jesus Seminar, “The Five Gospels, What Did Jesus Really Say. The Search of The Authentic Word of Jesus, Macmillan Publising Company; New York 1993, hal 5)

    BalasHapus