MANUSKRIP AL QUR’AN TERTUA DI DUNIA TELAH DITEMUKAN!



Al Quran berusia 1370 tahun


 Menyenangkan mengetahui manuskrip Al Qur’an tertua telah ditemukan. Berdasarkan laman resmi University of  Birmingham, manuskrip merupakan bagian dari koleksi Middle Eastern Manuscript yang dimiliki Cadbury Research Library-University of Birmingham.

Dikumpulkan oleh Alphonse Mingana pada tahun 1920-an,  dua lembar perkamen yang ditulis dalam huruf hijazi tersebut semula tidak diketahui karena bercampur dengan naskah lain yang serupa tetapi ditulis hampir 200 tahun kemudian.

Berdasarkan analisis radio karbon, manuskrip tersebut ditulis antara tahun 568-645 masehi dengan tingkat keakuratan 95,4%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa manuskrip yang berisi surat 18-20 tersebut ditulis berdekatan dengan tahun-tahun hidup Nabi Muhammad yaitu antara tahun 570-632 masehi.


manuskrip ini ditulis dalam huruf hijazi, belum memakai harakat atau tanda baca

Selama beliau hidup, Al Qur’an hanya disampaikan secara oral dan tidak dibukukan seperti sekarang. Umumnya orang-orang hanya mengandalkan ingatan, meski sebagian lain menulisnya diatas batu, daun, atau tulang. Segera setelah beliau meninggal, Kalifah Abu Bakar, memerintahkan untuk menuliskannya menjadi sebuah buku. Yang kemudian disempurnakan dibawah arahan Kalifah Utsman Bin Affan.

Dilansir dari The Guardian, Dr. Muhammad Isa Waley, kurator senior dari British Library menyatakan bahwa penemuan tersebut adalah kabar menggembirakan bagi hati setiap muslim.



*dari berbagai sumber

seluruh gambar bersumber dari sini

Komentar

Posting Komentar