Pindang Kemranyas, Mengembalikan Nafsu Makan yang Hilang Setelah Sakit di Awal Ramadhan

 


Setelah sakit di awal Ramadhan, nafsu makan memang belum pulih benar. Melihat nasi rasanya malas benar, padahal tubuh butuh asupan energi agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari di bulan puasa Ramadhan. Sayur bening bosan, sayur asam, atau sup juga sama. Belum bisa membangkitkan nafsu makan seperti semula. Wah, ini nih? Enaknya makan apa ya? Mendadak terpikir makan ikan pindang yang dimasak pedas. Pasti enak di makan saat berbuka nanti. Kebetulan ada ikan laut di kulkas. Baiklah mari kita eksekusi jadi masakan pindang kemranyas, untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang setelah sakit di awal ramadhan. Gimana caranya? Mari kita mulai saja!


Pertama ikan laut dibersihkan dan dijadikan ikan pindang dulu. Tambahkan sedikit cuka atau jeruk nipis agar amisnya hilang, bilas dengan air sampai bersih. Berikutnya rebus ikan segar tadi bersama campuran garam, sedikit gula, dan bawang putih. Airnya sesuaikan dengan jumlah ikan yang hendak dipindang. Jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Cukupan saja. Jika malas bikin pindang sendiri, bisa beli saja di tukang sayur. Lebih praktis dan tidak makan waktu.


Eniwei kenapa mesti ikan pindang sih? Pertama, ikan pindang kesukaan saya. Kedua, karena menurut Prof Dr Ir Made Astawan MS, pakar biokimia pangan dan gizi Institut Pertanian Bogor (IPB), kandungan gizi ikan pindang memang lebih baik dari ikan asin. Seperti dikutip dari Republika (Rabu, 20/3/2024). Bahkan beliau mengatakan ikan pindang itu mengandung protein yang tinggi, berbagai jenis mineral, vitamin A, serta asam omega-3 yang berguna untuk menangkal berbagai penyakit degeneratif. Ketiga, konsumsi ikan pindang juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan rambut dan kuku, bahkan bisa menurunkan resiko anemia. Seperti dikutip dari laman Pop Mama (Rabu, 20/3/24). Tuh, keren banget kan manfaat ikan pindang bagi tubuh kita?


Nah, sekarang tak usah berlama-lama? Mari kita memasaknya jadi pindang kemranyas, untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang setelah sakit di awal ramadhan. Eniwei, nggak hanya ikan pindang saja, sengaja saya tambah kemangi ke dalamnya. Selain menghasilkan bau wangi khas pada masakan, dikutip dari Kompas (Rabu, 20/3/2024) kemangi juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, menguatkan tulang, menjaga kesehatan kulit, mengatasi stres, mengatasi gangguan pencernaan, dan bahkan mencegah penuaan dini. 



Resep Pindang Kemranyas

Bahan:

Kemangi 1 genggam

Ikan pindang 6 biji


Bumbu:

- Lombok rawit merah 50 biji 

(35 biji diuleg, sisanya biarkan utuh) atau sesuai selera

- Lombok merah besar 2 biji

- Bawang merah 8 biji

- Bawang putih 3 biji 

- Tomat 2 biji

- Laos 2 iris

- Sereh 1-2 batang

- Daun jeruk 2-3 lembar

- Minyak untuk menumis 2 SDM

- Gula, garam, penyedap secukupnya

- Air secukupnya 


Cara Memasak:

- Uleg lombok rawit, lombok merah besar, bawang putih, bawang merah, dan tomat hingga halus

- Geprek Laos dan sereh

- Oseng bumbu halus tadi hingga harum

- Masukkan ikan pindang tadi ke dalam bumbu oseng, lalu ambahkan air secukupnya 

- Tambahkan sereh, Laos, dan daun jeruk ke dalam wajan

- Jangan lupa masukkan 16 cabai rawit utuh ke dalamnya

- Tambahkan gula, garam, dan penyedap

- Tunggu hingga masak, lalu tambahkan kemangi sebelum diangkat


Kini, pindang kemranyas siap disajikan untuk buka puasa sore nanti. Minumnya air putih saja. Tidak perlu sirup ini-itu yang berpotensi meningkatkan kadar gula darah yang dampaknya justru buruk bagi kesehatan. Iya kan?




Sumber:

1. Kandungan Gizi Ikan Pindang

https://ameera.republika.co.id/berita/n4h0kg/kandungan-gizi-ikan-pindang

2. Murah dan Enak, Ikan Pindang Punya Segudang Manfaat untuk Ibu Hamil

https://www.popmama.com/pregnancy/second-trimester/sysilia-tanhati/manfaat-ikan-pindang-untuk-ibu-hamil?page=all

3. 8 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

https://health.kompas.com/read/22K23122000468/8-manfaat-daun-kemangi-untuk-kesehatan-yang-perlu-diketahui?page=all

Komentar