10 Maret 2014

BROS CERIA PADUAN MOTE, KAIN JALA, DAN KAIN PERCA







Beberapa waktu sebelumnya saya pernah membuat craft tutorial berjudul Mari Belajar Merajut Bagian 1. Karena bagian duanya belum kelar-kelar, saya selingi saja dengan cara membuat bros ceria paduan mote,  kain jala, dan kain  perca ya. Mumpung ada yang ngasih kain perca, eman kalo nggak dimanfaatkan.  Sekarang kita mulai saja cara pembuatannya.

Alat dan Bahan



Mula-mula kita siapkan alat dan bahannya yaitu mote, benang, jarum, kain felt, kain jala, kain chiffon.
Jika kain jala atau chiffon tidak ada, pakai saja kain yang ada. Usahakan yang satu polos, sedangkan satunya lagi bermotif.


Cara Pembuatan



Gunting kain jala ukuran 48 x 5 cm, sedang chiffon-nya ukuran 68 x 5 cm


Tekuk  chiffon, dan jelujur chiffon seperti gambar diatas


Tarik hasil jelujuran kuat-kuat, lalu satukan ujungnya hingga membentuk bunga.





Sementara untuk kain jala, setelah ditekuk jadi dua jelujur dengan cara di atas.
Lalu tarik jelujuran itu hingga kain berkerut, satukan ujungnya hingga membentuk bunga. Oh ya, tarikannya tidak usah terlalu kuat. Cukup terlihat berkerut saja. 


Untuk membuat penutup bagian atas bros, potong kain felt warna merah muda dengan ukuran 4x1,5 cm. Bentuk oval bagian ujung-ujungnya. 


Kemudian  jahit mote warna ungu muda berselang-seling dengan mote merah muda sampai memenuhi kain felt.


Sebagai pemanis, rangkai mote warna merah muda dan ungu. dengan susunan dua mote merah muda dan satu mote ungu muda. Ukuran panjangnyasesuai selera anda.

Potong kain felt merah muda ukuran, sebagai alas bros. Bentuk oval.

Lem kain jala ke atas alas bros, disusul rangkain mote dan kain chiffon. Terakhir letakkan kain felt bermote tadi diatasnya. Tadaaa...jadi sudah bros oval cerianya.


Oh ya, kalau merasa repot membuat penutup bros bertabur mote bisa diganti dengan permata imitasi  atau bunga-bunga mungil yang banyak dijual di toko peralatan jahit-menjahit.


Nah, Fin disitu kan pakai kain jala? Berapa harganya kalau beli?

Kalau nggak salah harganya Rp 12.000,-/meter. Beli seperempat atau setengahnya saja, agar tidak terlalu banyak membuang kain. Tapi jangan lupa tanya dulu boleh nggak beli sedikit.

Kalau motenya berapa?

Dalam plastik kecil Rp 2000,-, sedangkan yang besar Rp 5000,-.  Untuk merangkai mote pakai jarum yang nomer 11, atau yang kecil. Kalau ragu, ngomong saja beli jarum untuk mote.

Lha terus kain felt-nya?

Harga kain felt ukuran 23x23 cm itu kurang lebih Rp 2500,-.

FYI, harga diatas itu harga yang ada di daerah saya ya, entah kalau yang lain. Bisa jadi lebih mahal atau lebih murah.

Nah, gimana? Tertarik untuk mencobanya di akhir pekan? Silakan saja, kawan...

15 komentar:

  1. Suka sama tutorialnya...
    Brosnya cantik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak Inna, silakan dicobain. Siapa tahu bisa buat hadiah kecil buat teman atau saudara

      Hapus
  2. Bros nya unyuuu bgt Mbak... Keren :)

    BalasHapus
  3. ayo cobain mbak, simpel kok ini hihi

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. hihihi, mau nyobain? siapa tahu buat hadiah yang tercinta

      Hapus
  5. Bookmark dulu Mak :)

    Makasih yaaaa untuk infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan mbak titis, ntar dicobain ya

      Hapus
  6. aku susah nyari alatnya di sini, kayak lem tembak itu, mba. ga ngerti belinya di mana :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli di tempat toko yang jualan peralatan jahit La, biasaya ada kok. Kalo binun coba tanya ke penjahit di daerahmu, insyaAllah ada

      Hapus
  7. brosnya cantiiikkk... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari-mari nyoba bikin mbak Riski

      Hapus
  8. makasiih bgt mbak

    BalasHapus
  9. Tambah ilmu nich makaci ya

    BalasHapus