Keutamaan dan Efek Positif Sedekah di Bulan Ramadan

Photo by Riya Kumari from Pexels

Bulan ramadan adalah bulan paling mulia. Ada banyak keberkahan dan keutamaan dibanding bulan-bulan lainnya. Tiap-tiap amalan di bulan ini pahalanya akan dilipatgandakan. Salah satunya adalah sedekah. Tidak heran jika kemudian banyak anjuran untuk berlomba-lomba melakukannya di bulan ini.
Pertanyaannya sekarang, haruskah dengan harta?
Tidak. Bersedekah itu tak melulu dengan harta, tetapi bisa juga bisa juga dengan tenaga, makanan, minuman, atau bahkan memberikan penerangan di masjid atau mushola.
Jika tak punya bagaimana? Dengan apa harus bersedekah? Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan bahwa bacaan dzikir serta beramar ma'ruf nahi munkar bisa menjadi sarana sedekah.

Lalu apa sih keutamaan sedekah itu?
1. Diampuni dosanya
Sedekah yang disertai dengan niat taubat sepenuh hati, tidak akan mengulangi perbuatan tercela seperti mengambil hak anak yatim, mencuri, berlaku buruk, curang, dan lain-lain akan menjadi sebab diampuninya dosa. Akan tetapi, jika dorongan sedekah itu muncul agar impas dengan dosa-dosa yang dilakukan jelas hal itu tidak dibenarkan.

2. Memberi keberkahan pada harta
Sedekah yang kita lakukan tidak mengurangi harta. Bila  nampak berkurang dari segi harta, akan tetapi tidak dengan hakekat dan keberkahannya seperti dihindarkan dari bahaya dan mendapatkan pahala berlipat ganda. Sebagaimana tersebut dalam surat  Al-Baqarah  ayat 261 :
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

3. Melipatgandakan pahala sedekah
Sebagaiman janji-Nya, Allah akan melipatgandakan pahala bagi orang-orang yang bersedekah. Hal ini tersebut dalam surat Al-Hadid ayat 18 :
Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.

4. Terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah
Bagi mereka yang gemar bersedekah maka Allah menjanjikan baginya salah satu dari delapan pintu surga seperti yang tersebut dalam hadist berikut ini :
“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari)

5. Membebaskan dari siksa kubur
Bagi mereka yang bersedekah, Rasullullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani)


Photo by Andre Furtado from Pexels
Lalu apa efek positif sedekah bagi kita?
Melakukan ibadah sosial semacam ini rupanya memiliki beberapa manfaat positif yaitu :
1. Lebih bahagia
Seseorang yang kerap bersedekah akan merasa lebih bahagia. Perasaan berarti karena telah mampu berbuat sesuatu pada orang lain membuat kita memiliki tujuan dan di saat yang sama kepuasan batin akan meningkat. Tidak urung hal ini akan mempengaruhi emosi, yang semula negatif menjadi lebih positif. Hal yang tanpa disadari menurunkan tingkat stres pada diri sendiri.
Tidak heran bila  H. Jackson Brown Jr. berujar :
Remember that the happiest people are not those getting more, but those giving more.”

2. Baik untuk kesehatan
Orang-orang yang memiliki sifat dermawan biasanya berumur panjang. Mengapa demikian? Karena kemampuan mereka untuk mengelola stres dan menurunkan depresi berefek baik pada meningkatnya kesehatan dalam jangka panjang..Selain pengaruh faktor lain seperti meningkatnya kehidupan sosial dan hilangnya rasa kesepian.

3. Meningkatkan kerjasama dan koneksi sosial
Memberi tanpa sadar meningkatkan koneksi sosial sekaligus memperkuat ikatan kita dengan orang lain. Interaksi sosial yang positif ini tak urung memberikan dampak yang baik bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Dalam hal ini pelaku sedekah. Bukan itu saja, bersikap baik dan murah hati pada akhirnya berpengaruh pada cara pandang yang lebih positif pada orang lain. Hal ini akan menumbuhkan kerjasama dan ketergantungan secara positif dalam kehidupan sosial kita.

4. Membangkitkan rasa syukur
Timbulnya rasa syukur ini menjadikan seseorang merasa lebih baik dan optimis memandang hidup. Ujungnya tidak hanya kebahagiaan yang meningkat tetapi, kesehatan dan ikatan sosial kita dengan orang-orang di sekitar.

5. Menginspirasi orang untuk melakukan hal yang sama
Saat melakukan kebaikan, reaksi berantai akan muncul di sekitar. Mengapa demikian? Karena biasanya orang cenderung melakukan hal yang sama setelah menyaksikan orang lain melakukannya terlebih dahulu. Ingat #WahyooChallenge yang viral beberapa waktu lalu? Yang berisi ajakan untuk membelikan makanan pada driver ojol? Itu adalah salah satu contoh aksi kebaikan yang kemudian menginspirasi orang untuk berlomba-lomba melakukannya. Bahkan membuat orang ketagihan!

Itu tadi, keutamaan dan efek positif sedekah di bulan ramadan. Semoga bermanfaat untuk kawan-kawan.

Salam


Komentar

  1. makin sering memberi .. makin banyak pahala :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha betul itu Mas Riza, makin sering memberi pahalanya semakin mengalir pada kita

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK

DELAPAN PERMAINAN TRADISIONAL YANG GAUNGNYA HILANG DI ERA DIGITAL

Fortune Indonesia, Media Bisnis yang Membantu Perempuan Melek Keuangan Lewat Rubrik Business, Finance, dan Tech

MARI BELAJAR MERAJUT BAGIAN 1 : SIMBOL DAN MACAM-MACAM TUSUKAN DASAR

3 Cara Menghadapi Komentar yang Kontra di Postingan Kita