4 Keunggulan Fitur IDN Live dan Kesempatan Raih Dana Miliaran dari IDN Live Streamer Fund

Streamer di IDN Live memiliki kesempatan raih dana miliaran dari IDN Live Streamer Fund (Pexels/Yan Krukov)


Sejak diluncurkan pada 18 Juni 2020, IDN App terus berkembang.  Peningkatan pengguna  platform baca berita dan hiburan terlengkap pilihan milenial dan gen Z di Indonesia ini juga 

menunjukkan progres yang menjanjikan. Tercatat aplikasi IDN App memiliki pembaca hingga 60 juta setiap bulannya. 

Namun demikian, IDN App tak berhenti melakukan inovasi. Menyadari pesatnya peminat konten Live Streaming di Indonesia pada akhirnya IDN Media meluncurkan fitur IDN Live di aplikasi IDN App.


Fitur IDN Live 

IDN Live merupakan platform streaming di mana pembuat konten (streamer) terhubung

dengan publik secara langsung. Agar bisa menyaksikan live streaming di IDN Live, audience bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Login (masuk) terlebih dulu ke aplikasi IDN Live


2. Klik fitur IDN Live pada IDN App



3. Pilih konten  Live Streaming yang sedang berlangsung sesuai minat


4. Audience langsung bisa menyaksikan Live Streaming dari streamer favorit yang sudah dipilih sebelumnya



Keunggulan IDN Live



Ada 4 keunggulan IDN Live, antara lain:

1. Beragamnya konten yang dihadirkan oleh para streamer IDN Live

Saban hari, pata streamer akan berlomba-lomba membuat konten menarik sesuai kecakapan dan keahliannya di IDN Live. Mulai dari Mabar game online, nyanyi bareng, cover lagu menggunakan violin atau lainnya, tips sehat, kecantikan, lagu-lagu sholawat, dan sebagainya.

Audience tinggal memilih mana yang menjadi kegemarannya.  Lalu klik dan sekejap kemudian audience bisa menyaksikan suguhan kreatif dari para streamer IDN Live secara gratis.


2. Interaksi secara langsung dengan streamer IDN Live

Melalui IDN Live

para streamer dapat menyuguhkan tayangan secara langsung tanpa melewati banyak proses editing. Dampaknya tak hanya konten yang terasa lebih natural, audience pun dapat berinteraksi dengan streamer secara real

Audience bahkan bisa menanggapi secara langsung tayangan khas streamer favoritnya melalui live chat. Sebaliknya, streamer  bisa melihat dan mengomentari pesan audience saat itu juga di antara kegiatan live streaming-nya. 

Interaksi semacam ini tak hanya membuat konten Live Streaming menjadi lebih menarik, namun juga bisa menjadi jembatan bagi streamer  untuk bisa membangun hubungan timbal balik secara otentik dan orisinal dengan para audience



Seperti halnya yang dilakukan oleh Zitni Ilma, salah satu streamer yang mengusung lagu-lagu sholawat dalam kontennya. Saat siaran berlangsung ia tak hanya menyapa audience, tetapi mempersilakan mereka untuk request lagu sholawat yang diinginkan. 


3. Apresiasi berupa Virtual Gift dari audience untuk streamer

Tidak hanya interaksi secara langsung, IDN  Live juga menampilkan hal lain yang menjadikan  interaksi antara streamer dan audience kian memikat. 

Saat melakoni live streaming audience dapat memberikan Virtual Gift sebagai bentuk dukungan pada streamer favoritnya. Virtual Gift tersebut memiliki beragam bentuk. Mulai dari hewan, bunga, hantu yang jamak kita kenal, barang mewah, hingga makanan khas Indonesia seperti tumpeng dan rendang. 

Nah, tiap-tiap Virtual Gift tersebut ada nilainya. Misalnya mawar bernilai satu, konfeti bernilai 15, emas batangan bernilai 66, serta pesawat jet  bernilai 399. 

Nantinya Virtual Gift dari para audience tersebut akan dikonversi menjadi poin. Nah, Streamer dapat menukarkan (redeem) poin tersebut dalam bentuk rupiah. Asyik kan?


4. Bertransaksi menggunakan Gold 

Gold merupakan mata uang digital yang dipakai sewaktu hendak melakukan transaksi pembelian Virtual Gift di IDN App. Biasanya di awal mendaftar IDN App  audience akan langsung memperoleh Gold. 

Sepengalaman saya sebagai pengguna IDN App, begitu mendaftar audience akan menerima bonus sebanyak 3 Gold. Dua diantaranya sudah saya gunakan untuk membeli Virtual Gift yang saya berikan kepada salah satu streamer karena keindahan suaranya kala bersholawat.

Jika membutuhkan lebih banyak Gold untuk membeli Virtual Gift, kita bisa langsung top up lho! Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Klik ikon emas di bawah profil


2. Lalu pilih jumlah Gold sesuai kebutuhan



IDN App menyediakan sejumlah pilihan  bagi audience yang hendak melakukan top up Gold sewaktu streaming berlangsung. Audience bisa memilihnya sesuai kebutuhan dengan range antara 6 hingga 598 Gold. 

Tentu saja harganya mengikuti jumlah Gold yang ingin kita beli. Paling murah adalah harga  6 Gold, yaitu Rp13.500,-. Sementara yang paling mahal adalah harga untuk 598 Gold, yakni senilai Rp1.121.250,-. Adapun pembeliannya menggunakan pembayaran yang disediakan Google Play (Android) atau App Store (iOS).




Pertanyaannya kemudian "Dapatkah membeli Gold menggunakan poin yang dimiliki?". Jawabannya tidak. Sebab Gold hanya dapat dibeli menggunakan rupiah.  Begitu pun sebaliknya. Gold yang sudah dibeli tidak bisa dikonversi menjadi poin. FYI, Gold hanya dipakai untuk membeli Virtual Gift yang hendak dihadiahkan pada para streamer


Cara Menjadi Streamer IDN Live

Menyaksikan streamer membagikan hobi arau kemahirannya di IDN Live memang menarik. Rasanya jadi terpacu untuk melakukan hal serupa. Kebetulan ini adalah saat yang tepat. Sebab IDN Live tengah membuka Pendaftaran IDN Live New Streamer.

Lalu bagaimana cara menjadi streamer IDN Live?

Caranya mudah. Langsung saja mengisi formulir Pendaftaran IDN Live New Streamer. Mulai dari email, nama lengkap, akun media sosial  (Instagram, Tiktok, YouTube, dan Twitter), jumlah follower dari keempat akun media sosial tersebut, tipe handphone, serta pertanyaan "Apakah Sudah Pernah Menjadi Streamer/Host?". Jika sudah pernah jangan lupa untuk mengisi nama platform live streaming sebelumnya.

Yang tak kalah penting adalah membuat video perkenalan dengan durasi 3 menit. Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut:

1. Satu menit di awal

Pendaftar diminta memperkenalkan diri

Yang dibahas di sesi perkenalan ini meliputi nama, universitas, hobi, makanan favorit, musisi favorit, film favorit, dan lain-lain.

2. Dua menit berikutnya

pendaftar diminta menceritakan tentang perjalanan liburan terakhirnya

Ini meliputi ke mana perginya, apa yang dilakukan, dengan siapa, momen menarik, apa yang bisa diperbaiki, dan sebagainya.


Untuk pembuatan video  perkenalan ini pendaftar diperbolehkan menggunakan bahasa Indonesia. Setelah selesai unggah di Google Drive dan sertakan link-nya di formulir Pendaftaran IDN Live New Streamer.

Usai itu, tim IDN Live akan melakukan proses kurasi dan seleksi kepada tiap-tiap pendaftar. Apabila memenuhi persyaratan dan kriteria, maka tim IDN Live akan mengabari pendaftar yang terpilih tersebut untuk menjelaskan bagaimana proses selanjutnya. 

Yang menggiurkan, mereka yang berhasil menjadi streamer di IDN Live berkesempatan untuk  ikut dalam Program IDN Live Streamer Fund Rp. 50 Miliar. Wah, apa itu? Mari simak keterangan di bawah ini.


IDN Live Streamer Fund 

Sumber: https://streamerfund.idn.app

IDN Live Streamer Fund atau Dana Live Streamer IDN merupakan bentuk penghargaan kepada streamer atas kreativitas dan keaslian kontennya. Adapun dana yang dikucurkan  untuk program ini totalnya mencapai 50 miliar.

Berapa banyak dana yang diperoleh tiap-tiap streamer dihitung berdasarkan kombinasi banyak faktor. Misalnya saja jumlah jam streaming dan audience, bagaimana tingkat keterlibatan obrolan serta hadiah virtual yang didapat, dan sebagainya.

Jumlah streamer yang bisa bergabung dalam program Dana Live Streamer IDN ini

tidak dibatasi. Semua orang boleh mendaftarkan diri dalam program tersebut. Namun, tentunya harus memenuhi syarat-syarat atau pedoman dari https://streamerfund.idn.app berikut ini:

1. Berbasis di Indonesia dan berusia 18 tahun ke atas

2. Memiliki minimal 100 pengikut di Aplikasi IDN App

3. Konsisten dalam membuat konten streaming harian di IDN Live

4. Mempromosikan kepositifan & inklusivitas

5. Kreatif, autentik, dan asli

6. Mematuhi pedoman komunitas IDN Live


Tidak hanya itu saja, program ini juga akan memberikan manfaat tambahan bagi para streamer IDN Live antara lain berupa :

1. Liputan dan paparan media

Dengan mengikuti program ini para streamer di IDN Life akan mendapatkan liputan media, strategi promosi, serta iklan berbayar di seluruh ekosistem IDN Media.

2. Akses untuk menggunakan studio IDN Media yang berlokasi di Jakarta serta Surabaya

3. Mendapatkan perangkat keras seperti mikrofon, kamera, tripod, mixer, layar hijau, dan lain-lainnya

3. Mendapatkan pelatihan serta bimbingan dari tim IDN secara ekstensif

4. Berpeluang memperoleh brand sponsorship 


Bagaimana? Menarik bukan peluang sebagai streamer di IDN Live? Tak hanya bisa membagikan hobi dan keterampilannya dalam wadah yang tepat, tetapi juga kesempatan untuk

mengikuti program IDN Live Streamer Fund Rp. 50 Miliar. 

Tertarik? Yuk, bareng-bareng daftar. Kesempatan baik ini eman-eman jika disia-siakan. Siapa tahu hobi dan kecakapan kita bisa jadi lahan untuk berbagi kebaikan sekaligus menjadi mata pencaharian. Ya 'kan?








Komentar

  1. Terima kasih ulasannya. IDN berinovasi untuk memuaskan para streamer dan tentunya meningkatkan kualitas streaming

    BalasHapus
  2. Awal awal ikutan join streaming di idn live masih ngeraba, bingung gimana gunaiannya, eh pas coba lihat siapa aja yang live malah kayak live nya oranh lagi nongkrong kalau nggak live sambil telfonan orang. Mungkin harus cari waktu tepst buat dapetin streamer berkualitas kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya beberapa kali, Mbak. Ndilalah kok aku nemu pas oke gitu. Ini juga bisa jadi catatan buat streamer, kalau pingin dapat viewer bagus nggak bisa asal. Kalau nggak, Virtual Gift-nya nggak akan banyak.

      Hapus
  3. Fitur baru ini menarik sekali ya. Bisa untuk menambah penghasilan bagi influencer selain dari sosmed.

    BalasHapus
  4. Wah dananya nggak tanggung-tanggung total Rp. 50 miliar. Kesempatan emas, nih, untuk dapat penghasilan dari mengekspresikan hobi.

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah nonton streamers di Idn live mba, aku suka baca artikelnya IDN, jadi kepo dengan topik apa aja yg ada di IDN Live, cus download ah!

    BalasHapus
  6. Wih.. Siapapun bisa jadi streamers dong ya di IDN LIVE. Tinggal daftar doang kalo memenuhi syarat. Ada kesempatan nambah pundi-pundi uang pulak dari viewers.

    BalasHapus
  7. Aku baru tau aplikasi ini, Mba. Ternyata fitur2nya keren dan menarik banget ya. Ada kesempatan juga untuk nambah cuan. Makasih infonya Mba Afin. 🙏👍

    BalasHapus
  8. Baru taauu aku lho kakk IDN ini, bermanfaat sekali yaaa sudah gitu bisa.menghasilkan cuan pula.

    Gusti yeni

    BalasHapus
  9. Kalau utk blogger seperti kita, idn app ini sangat cocok utk branding diri ya mbak. Saya pun kepikiran utk buat streaming di idn bercerita mengenai profesi blogger

    BalasHapus
  10. Idn app ini sangat cocok untuk kita yang seorang blogger ya mbak. Apalagi fitur streamingnya itu lho bisa untuk sharing pengalaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak,kita bisa sharing pengalaman as blogger kepada audiens.

      Hapus
  11. sering dengar aplikasi IDN belakangan ini banyak yang bahas jadi penasaran pengen tahu lebih banyak lagi soal aplikasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja kakak, seru kok lihat live streaming dari streamer di sana.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK

Pentingnya Memahami Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi bagi OYPMK dan Remaja Disabilitas

Ketika Kawan Lama Yang Sukses Menjaga Jarak

MENIKMATI JAWATAN, YANG SERUPA HUTAN FANGORN, DI KALA LENGANG