No Mager-mager Club Di Bulan Ramadhan, Jagalah Selalu Kesehatan Kulit dan Badan

 

Sumber gambar: Unsplash/kike vega

Kulit jadi cenderung kering, badan pun terasa lemas, adalah hal yang umum terjadi selama berpuasa Ramadhan. Kondisi ini membuat kita jadi malas melakukan apapun. Mager, begitu istilahnya. Inginnya hanya rebahan dan tidak melakukan apa-apa.


Oh, tapi tunggu dulu! No mager-mager club di bulan Ramadhan, ayo bangkit! Jagalah selalu kesehatan kulit dan badan selama berpuasa sebulan.


Pertama, bersihkan kulitmu dengan pembersih muka kesayangan di pagi hari. Supaya terangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang akan membuat kulitmu kusam. Jangan gunakan sabun mandi, karena bisa menyebabkan kulit kering, jerawatan, dan iritasi. Kamu nggak mau kan lebaran tampil buram?


Setelah itu usapkan toner yang akan membantumu membersihkan sisa-sisa kotoran yang belum terangkat. Pilih yang mengandung Aloe Vera agar kulitmu juga terjaga kelembabannya. Ingat, jangan gosok wajahmu saat mengoleskan toner. Cukup usap lembut dengan kapas agar hasilnya maksimal.


Berikutnya gunakan pelembap muka. Tahu sendiri kan? Kulit cenderung kering saat puasa. Untuk menjaganya tetap lembab gunakan setiap hari setelah membersihkan muka. Jangan lupa kenakan sunscreen untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar UV, sebelum bepergian. Dengan demikian kesehatan kulitmu tetap terjaga.


Jika kulit terasa kering di siang hari, semprotkan Face Mist ke wajahmu. Karena Face Mist mengandung bahan yang bermanfaat untuk menghidrasi kulitmu. Jadi kulitmu tetap lembab dan segar di siang hari.


Jika malam tiba, jangan lupa membersihkan muka. Agar kotoran tak menumpuk dan justru menimbulkan jerawat di kulit muka. Lalu oleskan krim malam yang mengandung retinol di kulit wajahmu. Bahan aktif satu ini membantu memperlambat gejala penuaan hingga memudarkan noda hitam. Pilih pula yang mengandung Aloe Vera agar kelembaban kulitmu tetap terjaga hingga pagi tiba.


Yang tidak kalah penting jangan lupa menjaga asupan cairan yang masuk ke tubuhmu. Karena cairan yang masuk ke tubuhmu menjadi kunci agar kulit tetap sehat dan lembap selama Ramadhan. Bukan cuma berdampak pada kulit semata, cairan yang cukup akan membuat badanmu bugar sewaktu menjalankan ibadah puasa. Tidak mudah merasa letih meski melakukan aktivitas seperti biasa.


Setelah kesehatan kulit terjaga, kesehatan badan tak boleh diabaikan. Lakukan olahraga meskipun tengah berpuasa. Bagaimanapun juga olahraga merupakan komponen penting agar kita tetap sehat. Tidak hanya mengontrol berat badan, olahraga juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, memperkuat otot serta tulang, bahkan meningkatkan suasana  hati dan kesehatan mental


Hanya saja harus disesuaikan, karena kita sedang berpuasa. Di mana tidak ada asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam. Hal ini tentunya berpengaruh pada energi dalam tubuh kita. Dalam kondisi semacam ini tubuh tidak punya cukup energi untuk melakukan olahraga  dengan intensitas tinggi. Contohnya push-up, plank, dan squat. Olahraga semacam ini sulit diimbangi oleh tubuh yang sedang berpuasa.


Pilih saja olahraga ringan yang tidak menguras energi selama Ramadhan. Misalnya jalan kaki, yoga, atau pilates.

Saya sendiri memilih yoga. Di hari biasa biasanya saya melakukannya pagi atau siang hari, tapi di bulan Ramadhan jamnya berpindah ke sore hari. Antara jam 16.00-17.00. Pemilihan jam ini bukan tanpa alasan. Dengan  olahraga menjelang waktu berbuka, cairan tubuh yang berkurang saat berolahraga bisa segera tergantikan. 


Eits, tetapi jangan kopi juga ya diminum saat berbuka. Karena minum kopi dengan perut kosong justru bisa meningkatkan asam lambung. Lebih baik minum air putih saja atau bisa juga air kelapa. Kok air kelapa? Karena bisa  menghidrasi sekaligus menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.




Komentar