19 Juni 2017

ENGLISH COURSE? iCAN COURSE!





Jaman sekarang kemampuan bahasa Inggris sangat diperlukan. Tidak hanya pekerjaan sebagai diplomat, penguasaha, atau mereka yang bekerja di industri pariwisata saja yang harus menguasainya, semua bidang pekerjaan juga memerlukannya. Bahkan penulis sekalipun.

Beberapa kali saya lihat web-web tertentu menawarkan kesempatan untuk menjadi pengisi konten dengan bayaran yang lumayan. Tapi, karena keterbatasan dalam berbahasa membuat saya gigit jari. Mau bagaimana lagi? Lha wong nggak bisa nulisnya. Jangankan nulis, baca saja terbata-bata. Beruntung banget sepuluh menit baca website berbahasa Inggris bisa tahu intinya. Nah, masalahnya nih kalau mau meng-up grade kemampuan itu dimana? Mau ikut kursus di satu lembaga, kapan waktunya? Inginnya sih yang kursus yang mobile saja, yang bisa dilakukan diantara kegiatan salto dan kayang...eh, kesibukan ding *hihihi. Maklumlah kalau sudah kerja agak sulit kalau harus menemukan waktu yang cocok untuk ikut kursus langsung di sebuah lembaga. Apalagi kalau sudah berputra, wah...malah nggak nyaman karena harus meninggalkan mereka.
Nah, beruntunglah waktu itu di halaman facebook saya seliweran soal kursus bahasa Inggris di I Can Course. Saya tertarik karena kursus dilakukan online, jadi tidak memerlukan tempat khusus. Cukup dilakukan di WA dan proses belajar pun dilakukan. Nah, proses belajar itu akan berlangsung selama 2 bulan, sebanyak delapan kali pertemuan, dari jam 19.30-21.00. 


Asyiknya ikut kursus disini, materi dibuat simple. Tidak rumit. Misalnya untuk menjelaskan preposisi (at, on, in,  dsb), mentor akan mengiri manteri berupa gambar yang menjelaskan posisi at, in, on, out, under dan lain-lainnya. Tidak sekedar kata-kata berikut artinya. Cara demikian memudahkan bagi kita untuk mempelajarinya. Kita jadi punya punya gambaran jelas posisi sebenarnya. Untuk menjadikan siswa paham, mentor juga memberi soal latihan yang harus langsung dikerjakan. Memang agak gedabrukan juga sih, terlebih kalau teman satu kelas sudah mulai mengirimkan jawaban di kelas dalam waktu singkat. Haduh, rasanya seperti diburu-buru agar kita tak menjadi orang paling terakhir yang mengirimkan jawaban. Tapi, itulah serunya. Saya jadi terpacu untuk mengerjakan latihan secepat dan sebaik-baiknya.
Karena beberapa teman kursus saya sudah Emak-Emak nggak jarang, kudu jumpalitan antara ngerjain pe-er sambil nenangin anak yang nangis, sakit, atau malah rewel. Terkadang mereka meminta maaf karena telat mengirimkan jawaban disebabkan hal-hal yang tak terduga macam itu. Tapi, disitu tuh saya jadi makin terpacu. Masa Emak-emak yang udah diganduli dua sampai empat anak saja mau maju, saya kok malah santa-santai. 

Nah, disana itu nggak cuma belajar bahasa Inggris lho, tapi ada juga Kajian Islami tiap Minggu sore.  Tamu yang dihadirkan untuk mengisi acara beragam, dari ustadz hingga muslimah yang mendapat beasiswa di Jepang. Tidak hanya belajar segala hal yang terkait dengan Islam dari ahlinya, tetapi juga pengetahuan bagaimana kehidupan muslim di luar—mulai dari makanan hingga bagaimana kondisi lingkungan yang harus dihadapi. Tetapi, memang tidak semua siswa kursus bisa mengikuti kajian tersebut. Hanya siswa-siswa berprestasi saja yang diundang disana. 

Terus, setelah lulus kursus Basic English dari iCan Course bagaimana? Dapat sertifikat nggak?
Tentu saja, kita bakalan dapat sertifikatnya. Tapi, nggak cuma itu aja sih. Yang menarik, siswa lulusan terbaik bisa mendapat kesempatan jadi guru disana lho. Tidak hanya berbagi ilmu, jadi guru disana juga ada fee-nya lho. Asyik ‘kan? Sayangnya itu bukan saya, prestasi saya yah apa adanya (kata halus dari biasa aja hahahaha).

Oh iya, dengar-dengar selepas hari raya, bakalan ada kelas baru. Kalau nggak salah sih tanggal 10 Juli kelas baru akan dimulai. Nah, sebelum habis kuota mending daftarkan diri dulu. Biasanya kalau early bird begini dapat potongan, dari Rp 350.000,00 menjadi Rp 200.000,00. Ada empat kelas yang bisa dipilih yaitu basic, intermediate, speaking, dan writing.  Sayangnya potongan harga tersebut tidak berlaku setelah 1 Juli 2017. So, cepet-cepet aja daftar. Kalau kurang jelas bisa nih hubungi  WA Ms. Avizena Zen (081217538110), beliau ini yang saya hubungi sebelum daftar kursus disana tahun lalu.


2 komentar:

  1. Wah, enak ya di belajar I Can Course
    Ga perlu keluar rumah.

    Semoga tetap eksis dalam dunia pendidikan digital dan semakin berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah, itu dia mbak. Gak perlu keluar rumah.

      Hapus