Hei, Blogfam Homecoming!



Tahun Mei 2006 saya memiliki blog pertama kali. Komunitas yang saya tuju waktu itu adalah Blogfam, salah satu komunitas blog besar pada masanya. Tujuan saya waktu itu sederhana, menambah ilmu dan pertemanan. Maklum saya baru di dunia itu. Wajar jika kemudian saya merasa butuh kawan, agar tak sendirian. Jaman itu blogfam tak ubahnya diary, berisi kisah keseharian. Tidak seperti sekarang dengan niche-niche tertentu, misalnya jalan-jalan, makanan, atau bahkan finansial. Bikin kita, yang baca ini serasa kenal secara pribadi dengan penulisnya meski tak pernah jumpa. 

Sekarang perkembangan blog luar biasa. Dari sana seseorang bahkan bisa menangguk untung berjuta-juta berkat tayangan di blog yang mendatangkan banyak pembaca. Tidak hanya itu saja, dari blog seseorang bisa mendapat tawaran kerja dari mulai review produk hingga review hotel. Keren ya? 

Lha saya bagaimana, rasanya sejak memiliki blog 12 tahun silam, blog ini tak berubah. Tetap menjadi diary bagi saya. Bahasanya tentu beda, mengikuti perkembangan umur pemiliknya. Jika dulu gokil, sekarang lebih tertata. Haha!

Kembali soal Blogfam, apa yang bikin saya terus mengingatnya?
Well, saya terus mengingat Blogfam karena di sanalah saya pertama kali mengikuti lomba blog. Waktu itu tahun 2008 dan menang. Memang hanya juara 3, tapi pencapaian itu memantik saya. Saya terpacu untuk mengikuti lomba blog lainnya yang diadakan Blogfam di tahun 2009. Rasa pede itulah yang kemudian mendorong saya untuk ikut lomba menulis yang berbeda. Bukan lagi di blog tetapi menulis cerpen atau kisah inspiratif yang infonya berhamburan di facebook, salah satu media sosial yang saya ikuti di tahun 2010. Beberapa menang dan lainnya tidak. 

Tahun 2011, buku antologi cerita anak berjudul “Rahasia Rumah Reyot” terbit di Tali Kata. Waktu itu Kang Iwok Abqary-lah mentornya, salah satu penulis buku anak yang terkenal. Dan setahun setelahnya saya menang lomba foto makanan di blogfam. Nggak nyangka juga sih, wong saya juga bukan ahlinya. 

Semua kenangan itu masih terekam baik dalam ingatan saya. Termasuk diantaranya bagaimana saya kenal dengan Mbak Vie dan Tuteh Pharmantara. Sampai sekarang saya masih berkawan dengan keduanya. Meskipun hanya berbalas komentar saja.
Tahun ini Blogfam sudah mencapai usia remaja, 15 tahun euy! Dan Maknyak Labibah Zain berniat mengumpulkan semua anggotanya kembali. 

Kayaknya sih seru tuh. Apalagi tempatnya di Jogja, hari Sabtu tanggal 8 Desember mendatang, di tempat Maknyak tinggal. Kebayang deh senengnya kumpul-kumpul dan mengenang banyak hal menyenangkan. Termasuk bagaimana kita kenal dulu lewat blogfam.  
Eh, kamu juga anggota Blogfam? Hayuk, ceritakan gimana sih kesanmu dulu tentang rumah virtual ini?




 Sumber gambar :

Photo by rawpixel on Unsplash

Komentar

  1. Salam kenal Kak Afil :) gak bisa bayangkan kalau semua keluarga BlogFam reuni hahaha venuenya mungkin musti lapangan bola :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha betul Kak Bisot, kalau lapangan tenis kekekcilan 😁

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK

DELAPAN PERMAINAN TRADISIONAL YANG GAUNGNYA HILANG DI ERA DIGITAL

Fortune Indonesia, Media Bisnis yang Membantu Perempuan Melek Keuangan Lewat Rubrik Business, Finance, dan Tech

MARI BELAJAR MERAJUT BAGIAN 1 : SIMBOL DAN MACAM-MACAM TUSUKAN DASAR

3 Cara Menghadapi Komentar yang Kontra di Postingan Kita