Unggahan Terbaru

Tiga Tempat Ciamik Untuk Ngabuburit Asyik

Ngabuburit buat saya bukan jalan-jalan menunggu waktu buka tiba sambil mencari makanan. Maklumlah itu memang bukan kebiasaan saya. Jadi kalaupun ngabuburit, yang saya lakukan adalah jalan-jalan menikmati pemandangan atau situasi di sekitar sambil memotret kiri-kanan.

Nah, dari sekian banyak tempat ada beberapa tempat ngabuburit asyik yang saya rekomendasikan untuk kawan-kawan.
1.       RTH Maron (Ruang Terbuka Hijau)


Meski tidak selengkap di Taman Blambangan, buat saya tempat ini menyenangkan. Tempatnya di pusat kota Genteng, tak jauh dari rumah, bisa ditempuh dengan jalan kaki. Dan yang paling saya sukai adalah banyak pohonnya dan rindang. Memberi keteduhan bagi orang-orang yang datang.
Tak jarang, di hari-hari selain ramadan, orang sengaja kemari untuk menggelar tikar dan menikmati makanan bareng rekan-rekan atau keluarga. Meskipun di sekitarnya banyak penjual makanan juga. Tepatnya di sisi dalam RTH, tepat di samping jogging track.


Eih, ada jogging track-nya pula? Ada. Lumayanlah, jalan sekali bisa ngos-ngosan kalau tidak terbiasa. Di tempat ini tidak hanya ini saja fasilitasnya, tetapi juga ada tempat bagi mereka yang gemar olahraga panahan, sepakbola, atau futsal.
Yang bawa anak-anak, arena permainannya kurang memadai. Tetapi, di sana ada orang-orang yang menyewakan mobil-mobilan dengan remot. Jadi kalo misalnya bosan jalan-jalan di seputar RTH sambil nonton ikan, bisa menyewa mobil-mobilan itu.
Jika maghrib datang dan tidak nutut untuk buka puasa di rumah, di tempat ini banyak orang-orang yang menjajakan makan. Mulai dari kelas kaki lima hingga kafe dan restoran. Tinggal pilih dan sesuaikan dengan kantong saja. Jadi tidak nyengir waktu hendak membayarnya.


2.       Djawatan


Hm, tempat ini merupakan tempat kesukaan saya. Mungkin jika diranking lebih besar daripada RTH. Letaknya memang cukup jauh dari rumah, tetapi tempatnya menyenangkan. Bagian mananya yang menyenangkan? Bagian pohonnya yang besar-besar dan rindang.
Swear! Pohon trembesi atau ki hujan di sini memang sudah sangat tua. Diameternya saja ada yang melebihi gandengan tangan lima orang dewasa. Mana berjanggut pula, jadi semakin eksotik saja keadaannya.
Aih, berjanggut? Iyah, bener. Bukan janggut betulan sih. Melainkan lumut dan tumbuhan paku yang tumbuh subur di sekujur pohon.
Berada di sini rasanya menenangkan. Berjalan ke arah mana pun akan dipayungi oleh kanopi hutan. Itu terjadi karena ujung-ujung dahan saling bersentuhan, satu dengan lainnya. Membentuk payung raksasa yang menyelimuti hutan Djawatan.


Selain jalan-jalan apa saja kegiatan yang bisa dilakukan? Banyak. Mulai dari naik kuda, naik delman, motor ATV, atau justru nongkrong di rumah pohon yang ada di sini. Tidak lupa selfie atau wefie di berbagai sudut yang instagramable.
Jika pulang terlampau sore, di seputar tempat ini juga banyak yang menjual makanan. Yang terkenal kalau tidak salah warung sega tempong Mbak Har. Letaknya tak jauh dari Djawatan. Kurang lebih tiga ratus meteran. Kalau dari pintu keluar Jawatan, tinggal belok kiri atau arah ke Banyuwangi. Jika bingung tanyakan pada orang-orang di sekitar. Pasti semua langsung paham. 

3.       Waduk Sidodadi Glenmore


Waduk ini sejatinya untuk mengairi lahan tebu milik PTPN XII, yang kemudian jadi destinasi wisata bagi penduduk Banyuwangi. Nah, kalau ada lomba balap sepeda internasional ITdIB (International Tour de Ijen Banyuwangi), tempat ini suka dilewati. Selain karena jalanannya yang mulus, pemandangannya juga mengesankan. Nampak gunung-gunung yang menghijau dikejauhan. Bikin mata yang sepet langsung seger sewaktu memandang.


Di tempat ini kita bisa duduk-duduk di gazebo yang disediakan atau jalan-jalan ke seputar waduk menikmati pemandangan. Bila ingin sedikit berkeringat bisalah naik perahu bebek yang harus dikayuh berdua, tapi jika ingin santai naik perahu saja yang didayung oleh mas-masnya. Mau naik ATV atau berkeliling area dengan menyewa jeep juga bisa.
Jika bosan di sini, kita bisa keluar dan menyaksikan pemandangan pegunungan di kejauhan. Atau justru memint teman untuk memfoto kita di jalanan lengang yang di kiri dan kanannya dipenuhi tebu. Keren kawan!

Nah, itu tadi ulasan singkat tiga tempat ngabuburit asyik di seputaran rumah saya. Siapa tahu Anda sedang di Banyuwangi membutuhkan informasi tentang tempat ngabuburit asyik, ketiga tempat itu bisa jadi tujuan lho!

Salam.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TONGKAT MADURA MILIK MAYA

SAAT VARICELLA (CACAR AIR) TIBA

MARI BELAJAR MERAJUT BAGIAN 1 : SIMBOL DAN MACAM-MACAM TUSUKAN DASAR

Adab Yang Tepat Silaturahmi di Rumah Kerabat