5 Tips Menjaga Kesehatan Agar Tubuh Tetap Fit Saat Ramadhan Tiba di Musim Hujan Seperti Sekarang

 


Jaga imunitas tubuh dengan konsumsi makanan sehat
agar tubuh tetap fit saat Ramadhan.
(Sumber: Bing)


Ramadhan tiba di musim hujan. Terbayangkan betapa asyiknya melakukan ibadah puasa dalam cuaca yang lebih teduh. Tubuh tak cepat lelah karena kepanasan. Keringat pun tak banyak keluar. Dengan demikian cairan tubuh tetap terjaga, sehingga tak terjadi dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa. 


Sayangnya dugaan meleset. Bukannya menyenangkan, yang terjadi malah kebalikan. Saya yang semula baik-baik saja sebelum puasa Ramadhan, justru terserang demam. Semua dimulai setelah sahur puasa hari pertama. Suhu tubuh mendadak tinggi, membuat saya terbaring lemas di kamar. Meski berusaha bertahan, akhirnya saya menyerah pukul 12.00. Saya batalkan puasa dan langsung minum obat penurun panas yang tersedia di rumah. Saya pikir esok akan reda. Nyatanya hingga hari ketiga saya belum sembuh juga. Saya baru sembuh di hari keempat Ramadhan. 


Jika dirunut ke belakang ada dua faktor yang mempengaruhi turunnya kondisi tubuh saya. Pertama kurang tidur dan kurang minum. Awalnya sederhana, ada drakor yang menarik hati hingga saya nekat nonton maraton sampai larut malam selama beberapa hari. Sudah tidurnya kurang, saya pun lalai menjaga asupan cairan. Mungkin karena hujan, jadi tubuh tak terlalu keringatan. Sebab itulah akhirnya saya tumbang. Agar tak mengalami situasi serupa saya, berikut ini 5 tips menjaga kesehatan agar tubuh tetap fit saat ramadhan tiba di musim hujan seperti sekarang:

1. Jaga imunitas tubuh dengan konsumsi makanan sehat

Tubuh memang rentan terhadap infeksi dan penyakit saat berpuasa di musim hujan. Perbanyak buah dan sayuran, untuk menjaga imunitas tubuh. Misalnya dengan memasukkan bayam, brokoli, wortel, tomat, dan apel dalam menu sahur dan buka. Selain sayuran, jangan lupakan juga kebutuhan karbohidrat, protein dan vitamin dari makanan yang kita asup selama Ramadhan.

2. Minum yang cukup

Seringkali kita meremehkan kebutuhan air minum di musim penghujan. Karena cuaca dingin, kita lebih sedikit berkeringat. Dampaknya kita pun jarang merasa haus pada musim hujan. Jika diteruskan makan akan meningkatkan resiko terjadinya dehidrasi. Jika sudah begini tidak hanya fokus yang lemah, imunitas tubuh pun ikut melemah. Karena itu jaga kebutuhan cairan tubuh kita dengan meminum kurang lebih 2 liter sehari.

3. Lakukan aktivitas fisik

Musim hujan bikin mager memang. Ditambah lagi sedang puasa Ramadhan. Rasanya rebahan lebih menggiurkan, ketimbang melakukan aktivitas fisik untuk menjaga kebugaran. Eits, jangan teruskan! Kurang olahraga justru bikin tubuh kaku, mudah lelah, sulit tidur, dan gampang. So, bangun dan lakukan latihan low-impact seperti yoga dan stretching agar tubuh tetap fit meski puasa di musim hujan. Pilih olahraga dengan intensitas yang lebih ringan seperti yoga dan stretching agar tubuh tetap sehat selama Ramadhan.

4. Tidur cukup

Di bulan Ramadhan, biasanya waktu tidur memang berkurang. Untuk menyiasatinya, upayakan untuk tidur awal. Tujuannya agar waktu tidur tercukupi, antara 6-8 jam sehari. Jika kurang tidur, tubuh jadi mudah lelah dan imunitas menurun. 

5. Jangan hujan-hujanan

Kenakan selalu jas hujan atau payung, saat hujan datang. Karena tubuh yang basah kuyup rentan terkena penyakit. Penyebabnya tak lain perubahan suhu tubuh secara mendadak. Perubahan tubuh dari normal ke dingin menyebabkan turunnya imunitas tubuh. Akibatnya virus dan bakteri lebih mudah berkembang. Tidak heran jika tubuh jadi mudah sakit.


Nah, itu tadi 5 tips menjaga kesehatan agar tubuh tetap fit saat ramadhan tiba di musim hujan seperti sekarang. Semoga bermanfaat dan jadi bahan pelajaran buat semua orang, agar lebih memperhatikan kondisi kesehatan di bulan Ramadhan.


 










Komentar