Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober, 2013

PRIA GAGAH PERKASA ATAU GAGAH PERKAKAS?

Gambar
pic taken from : http://impruvism.com/abs/

Hadooooh, capek juga mendengarnya cerita. Keluhan tentang anak-anaknya seolah tak ada habisnya. Memangnya anak siapa? Dulu kan bikinnya berdua sama istri sampeyan to? Masa apa-apa diserahkan pada ibunya. Maksudnya itu apa? Et dah sekarang yang dibahas soal istrinya yang katanya kurang anu, kurang itu, kurang embuh apa lagi. Sampai saya mikir, kok ndak ada benernya toh si istri?
Ck, Bapak Anu yang terhormat di tempat. Menurut saya yang bodoh ini, pria itu hebat jika : -Tak canggung mengangkat jemuran saat istrimu tersayang sibuk menggoreng ikan, bukannya malah marah-marah kala cucian basah didahului hujan. Gunakan tanganmu yang bebas untuk memberi bantuan bukannya ngedumel tanpa ujung pangkal. -Tak segan membantu istri berkutat di belahan dunia belakang (dapur) jika istri kerepotan, tak cuma cuap-cuap mencela kalau makanan tak segera terhidang. Siapa tahu di belakang istri kerepotan, si adik nangis dan kakaknya harus dibujuk supaya tidak rewel -S…

KETIKA HIDUP TERASA ASAM

Gambar
gambar diambil dari http://www.demontforthealthyliving.co.uk/lemon-aid/
Kita memang tak bisa seenaknya memilih hidup macam apa yang kita inginkan seperti ketika kita makan di warung tegal. Tinggal tunjuk mana saja yang diinginkan asal ada uang pasti didapatkan. Ya, hidup memang sudah ada ketentuannya, sudah ada takdirnya. Meski begitu takdir tak selalu menjadi harga mati. Tuhan memberi kita kesempatan untuk berusaha dan merubah nasib kita.
Masalahnya tak semua orang punya ketahanan yang kuat. Banyak diantara kita yang merasa semangatnya “bubar jalan balik kanan, grak!” begitu lemon kehidupan kita telan. Mau bergerak tapi rasanya berat, sudah itu mata juga berkunang-kunang. Dan penderitaan semakin lengkap saat pening menyerang dan kaki terantuk oleh batu di jalan. Sial!

ILUSTRASI MUDAH DENGAN PAINT ( 2)

Gambar
Untuk ilustrasi tulisan berjudul “Yang Baik Dari Nikita Mirzani dan Zaskia Gotik”  saya bikin gambar seperti ini.




Jika gambar diatas memakai CorelDraw, nah kali ini kita belajar membuatnya dengan fasilitas Paint. Kok Paint lagi sih?  Iya, soalnya lebih mudah dipelajari. Kenapa nggak CorelDraw? Susah banget ya? CorelDraw dibilang susah banget sih enggak, tapi memang butuh waktu plus sabar untuk mempelajarinya. Untuk itu, sebelum kita sampai ke CorelDraw, kita belajar dengan Paint dulu. Setidaknya kita udah paham tools-nya apaan, plus lancar. Jadi ketika belajar CorelDraw nggak kaget-kaget amat. Kali ini yang hendak kita buat adalah balon yang melongo. Kok balon melongo? Iya, sebagai gambaran heran, terkejut, atau tidak percaya. Bagaimana caranya? Mari kita langsung ke TKP saja...(halah bahasanya). Membuat lingkaran terlebih dulu dengan elips tool.   


Disusul lengkung kecil tepat di bagian bawah balon menggunakan pencil tool.


CARA MENGGAMBAR ILUSTRASI SEDERHANA DENGAN PAINT

Gambar
Untuk keperluan ilustrasi tulisan di blog biasanya saya bikin sendiri. Contohnya seperti gambar berikut ini.


Nah kali ini, saya akan membagikan cara paling mudah untuk membuat ilustrasi sederhana dengan fasilitas Paint seperti gambar diatas. Kenapa nggak pakai software lainnya? Hehehe, kita cari mudahnya aja, yang semua orang punya. Soalnya nggak semua orang punya software menggambar semacam CorelDraw (yang biasa saya pakai) atau Paint Tool SAI.

Nah, untuk mempersingkat waktu mari kita mulai saja... Gambar yang kita bikin kali ini tidaklah rumit. Sangat sederhana, bahkan anak SD juga bisa. Kenapa nggak pilih gambar yang rumit sekalian? Hihi, sebelum kita mulai dengan yang rumit, mari kita membiasakan tangan dan otak lebih dulu dengan hal-hal sederhana. Perkara yang sulit-sulit nyusul dah.  Terus bagaimana langkah-langkahnya? Eits tunggu dulu, mari kita belajar icon yang ada disana sebentar ya 
                                                         keterangan diambil dari sini

YANG BAIK DARI NIKITA MIRZANI DAN ZASKIA GOTIK

Gambar
Zaskia Gotik

Zaskia Gotik itu tak lebih dari lulusan SD, dia tak sepolos kelihatannya, kacang lupa pada kulitnya, dan  dia juga pernah berfoto syur pada masa lampaunya.
Entah mengapa hal-hal itu membuat saya justru terketuk untuk membandingkan Zaskia dengan diri saya. Hasilnya luar biasa, hehehe...saya sadar betapa jauhnya kualitas saya dibanding dia (terlepas kesalahan yang dilakukannya). Usia lebih muda dia, tetapi perjuangannya untuk mencapai keberhasilan seperti sekarang jelas lebih rumit Zaskia.  Sekolah ia tinggalkan bukan tanpa alasan. Keadaan memaksa dan ia harus memilih mana yang paling penting—sekolah atau cari makan. Dan ia memilih yang kedua. Sebuah pengorbanan besar bagi anak usia belasan untuk keluarga.

Saya tak bisa membayangkan andai saya dilahirkan menjadi dia. Apa iya saya akan kuat menjalaninya? Pertanyaan itu membuat saya membayangkan saya menjadi Zaskia kecil yang berdiri di tengah lautan manusia sebagai penyanyi dangdut kampung.  Sebelum anda membayangkan lebih jauh…

2ND FREE BEDTIME STORY PROJECT : GARA-GARA PITA

Gambar

JIKA STATUS JOMBLOMU MENGHALANGI PERNIKAHAN ADIKMU

Gambar
gambar diambil dari sini
Apakah kau masih sendirian? Sementara adikmu sudah dilamar orang? Dan pernikahannya harus ditunda karena kau belum punya calon untuk diajak ke pelaminan? Hm, maka duduk manislah dan dengar ceritaku. Siapa tahu ini bisa jadi pertimbangan bagimu... Sekitar tiga tahun lalu, Wendy, adikku mengatakan ingin melamar seseorang. Kedua orang tuaku tidak melarang, tetapi ada satu syarat yang ia harus pikirkan. Tidak apa-apa melamar anak orang, tapi soal menikah harus menunggu aku yang saat itu belum kedengaran punya gandengan *truuk kaleee. Hal semacam itu wajar di kalangan kami, yang lahir dan besar di Jawa. Tahu sendiri kan, bahwa di dalam suku kami ada kepercayaan untuk tidak menikah sebelum kakak tertua menikah alias melangkahinya. Entah apa alasannya, tetapi ada satu dua yang berkata kalau kakak yang dilangkahi adiknya akan sulit jodohnya. Benarkah demikian? Itu yang aku tak paham.