Postingan

Menampilkan postingan dari September, 2013

Unggahan Terbaru

FREE BEDTIME STORY : KEMANA LOLI PERGI?

Gambar
Ketika kecil, Bapak selalu bercerita sebelum tidur. Pengalaman itu memang tidak terlupa. Selain memberi bonding kuat antara aku dan Bapak, juga mendorongku untuk suka membaca.

Kali ini aku juga ingin melakukan hal yang sama. Mendongeng sebelum tidur.
Tetapi karena aku belum punya anak (jiaaa misua aja belum ada gimana punya anak sih? krik-krik) dan keponakan si Kenzo nun jauh di Kalimantan, maka aku ingin membagikan dongeng ini kepada siapa saja, terutama anak-anak di belahan dunia lainnya.

Kisahnya sederhana, tentang si keping mungil bernama Kiki yang kehilangan sahabatnya Loli, si ulat hijau lucu.

ANALOGI PRIA DAN JODOH

Gambar
gambar diambil dari sini

Pria dan Jodoh itu bila dianalogikan seperti memilih buku diperpustakaan besar.  Di perpustakaan itu Allah telah menyediakan buku bermacam-macam. Mulai yang sampulnya lux sampai  yang bulukan. Yang isinya bagus dan menginspirasi atau bikin kita ilfil hanya sekilas pandang.

Selayaknya pengunjung perpustakaan, kita diperbolehkan melihat buku apa yang pas dan asyik buat di baca. Terserah aja.

Kadang tangan kita terjulur begitu melihat buku yang penampilan luarnya oke punya. Dicetak dengan sampul dari kulit, judul-judulnya timbul dengan warna perak atau keemasan. Benar-benar buku yang mentereng dan prestisius. Kalau dimiliki membanggakan. Tapi belum tentu ketika kau bisa menjamahnya. Sebab di depan buku itu sudah ngantre berderet-deret perempuan. Kalau nekat juga bisa-bisa kau dapat nomer sepuluh ribu sekian. Beuuuh, bayangin gak sih betapa kita bisa jamuran nunggu antrian yang mengular naga panjangnya?

Lalu kau berjalan lagi dan menemukan buku yang mendapat la…

RENUNGAN : THE MOST FABULOUS IMAGES

Gambar
this image taken from photography-cameras.org
Mendapatkan seseorang yang tepat itu seperti menyeleksi ribuan foto hasil jepretanmu untuk sebuah lomba
Mulai dari yang buruk, menarik, tidak berkarakter, sampai yang hampir sempurna
Satu persatu kau buang, kau lihat dan akhirnya kau dapatkan beberapa yang sesuai menurut penilaian
Subyektif, tergantung masing-masing orang taste-nya
Lalu kau menemukannya
Mengira itulah akhirnya yang pantas untuk dikirimkan lomba
Komposisi, warna, sudut pengambilan, pencahayaan, dan sebagainya pas
Yakin saja akan jadi juara
Semua juga mengira demikian
Apalagi kau itu fotografer handal
Expert kata orang
Pasti-lah pilihanmu itu jagoan
Sampai kau membaca hasil penjurian
Foto hebatmu tidak dinyatakan sebagai pemenang
Bahkan sepuluh besar saja tidak

CINTA SULIT SI JANGKUNG

Gambar
this image taken from here

SEMALAM AKU MARAH PADA TUHAN

Gambar
gambar diambil dari sini

Semalam aku marah pada Tuhan, mempertanyakan kenapa aku masih dibelit kesulitan. Aku menuduh Tuhan tidak paham, tidak mau datang kala aku membutuhkan.
Segenap kekesalanku aku tumpahkan. Mulai dari cita-cita yang belum juga kesampaian sampai serangkaian kegagalan. Aku  tak ambil pusing kepada siapa aku meluapkan kemarahan.

Sampai kemudian air mata berhenti, dan aku bertekad meminta jawaban apa yang harus aku lakukan sekarang. Maka  kubuka Al Qur’an secara sembarangan.

Dan jawaban Tuhan terletak pada Al-'Ankabut 59 :

 sumber : http://quran-terjemah.org

ME, VICKY, FARHAT ABBAS, DAN AHMAD DHANI

Gambar
HENDRIANTO a.k.a VICKY PRASETYO 



Sebagai biang penggunaan bahasa “tingkat dewa” yang akhir-akhir ini kerap dibahas di media, pria satu ini memang mencuri perhatian. Dia berhasil membuat orang mencelanya habis-habisan. Mulai dari yang berkesan menyanjung sampai yang terang-terangan mengucapkan makian.

Begitu juga saya.  Tak ketinggalan saya ikut mencela dan  bikin status menggunakan bahasa ajaibnya sekedar buat olok-olok. Sampai kemudian ada suara kecil yang bertanya ,”Lha, Fin...jangan-jangan kamu juga gitu. Nggak sadar kamu suka nggunain bahasa ribet biar dikira keren. Itu tuh,  bahasa yang cuma bisa dipahami oleh ahli bahasa kalbu (ngeeek). Biar dikira hebat. Coba aja deh cek status-status ama komen-komen kamu di sosmed.”

Et dah...iya juga ya. Jangan-jangan saya juga begitu. Saya sih nggak merasa.. . Bisa jadi saya juga seperti Vicky. Hanya saja tidak pernah ada orang yang mengatakan terus terang di depan saya. Sepert kata pepatah kuman diseberang lautan tampak, gajah di pelupuk mat…

EFEK BER-HIGH HEELS : REMPONG, SAKIT, DAN NJUNGKIR

Gambar
Sebagai perempuan yang dikarunia tinggi tubuh aduhai, semampai (semeter sampai), terkadang saya juga berkeinginan untuk menambah tinggi tubuh secara instan. Karena tidak mungkin pakai egrang, selain tidak terlihat gaya dan nggak keren dilihat orang, maka cara tercepat adalah memakai high heels. Ya, high heels.

Karena saya amatir jelas saya tidak bisa memakai yang diatas sepuluh senti atau dua belas senti. Ukuran semacam ini nanti-nanti sajalah kalau saya sudah mahir. Maka pilihan saya jatuh pada sepatu berhak runcing setinggi tujuh cm. Saya pikir bakalan aman, lha wong tingginya cuma tujuh senti.  Lalu apa yang terjadi ketika saya, seseorang yang berhasil mempertahankan gelar sebagai Miss Sandal Jepit ini, memakainya? Mari ikuti kerempongannya...

Hari pertama, saya merasakan efek luar biasa memakai high heels. Kaki jadi terlihat lebih panjang dan seksi (ingat ya hanya terlihat, bukan asli begono). Maka saya berhaha-hihi sendiri, karena dalam sekejap si high heels ini berhasil menyulap…

DILANDA KESEMPITAN, NGE-BLOG TERUS JALAN

Gambar
menulis-menulis apapun keadaannya 
Percayalah, saya sedang tidak dalam kondisi baik ketika menuliskan ini. Well katakan saja saya sedang dirundung problem perkara keuangan. Sejak saya memutuskan untuk hengkang dari kantor karena alasan yang tidak bisa saya kemukakan di depan umum saya memang memilih untuk berkonsentrasi di bidang yang saya sukai, menulis. Hasilnya belum seberapa. Sering saya ditanya Emak saya tercinta, besar mana perbandingan pemasukan dan pengeluaran buat menulis? Terus terang jawabannya lebih besar pengeluaran. Biaya nge-print, beli kertas, ngirim naskah,  belum lagi biaya untuk menghidupi diri sendiri terkadang bikin saya miris. Sedangkan pemasukannya wooow, fantastis! Fantastis bukan dalam artian besar lho tapi  nggak setiap bulan selalu ada (hahahaha). Maka itu dompet saya kini tidak segendut dulu kala, selalu langsing karena lemaknya sudah keluar (baca : uang ?).
Alhasil saya harus mengirit uang simpanan saya agar tetap bisa mengirimkan karya saya entah ke kora…

JANGAN JADI JOMBLO MENYEDIHKAN

Gambar
Anda jomblo? Baru putus atau sudah tahunan sendirian? Sering banget apdet status tentang kesendirian, butuh teman, terus tersinggung kalau ada orang yang nge-tag undangan kawinan? Saat orang pamer suami atau istri kamu juga kesal? Apalagi kalo udah ditanyain kapan kawin sama orang? Wuuh rasanya pengen aja ngebejek-bejek itu orang.
Plis kawan, berhentilah nyusahin orang. Memang dinding itu dindingmu, tetapi pernah nggak sih mikir kalau kamu bikin polusi dunia maya? Mungkin kamu akan berkata padaku ,”Ih, hakku dong, Fin. Terserah gue mau ngapain. Kalo nggak suka ya udah, lo bisa unfriend gue. Unfollow gue. Terserah!”
Huwaa jangan marah dong kawan. Justru itu betapa tidak nyamannya di unfriend orang atau di unfollow orang gara-gara kamu kerap menuliskan status negatif. Apa enaknya digituin orang?

Nah sekarang mari kita berpikir, setelah memasang status negatif apakah perasaanmu tenang. Sesaat kurasa ya. Lega sekali setelah melampiaskannya. Tapi justru itu tanpa kau sadari kau telah me…